by

Malaysia Berhasil Ratakan Kurva Kasus Covid-19, Kegiatan Bisnis Diizinkan Beroperasi Mulai 4 Mei!

DimensiNews.co.id, MALAYSIA- Penerapan lockdown di Malaysia membuahkan hasil dengan meratanya kurva kasus Covid-19. Tingkat kesembuhan di negeri jiran itu pun terbilang cukup tinggi hampir mencapai 4000 per Kamis (30/4).

Berdasarkan data dari Worldometers, pada Jumat (1/5), Malaysia memiliki 6.002 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi dengan angka kematian mencapai 102 jiwa.

“(Perintah kontrol gerakan) telah berhasil meratakan kurva dan negara kita sedang memasuki fase pemulihan,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, seperti dikutip dari SCMP, Kamis (30/4).

Selain itu, kabar baiknya mulai 4 Mei Malaysia akan melonggarkan lockdown dengan mengizinkan sejumlah kegiatan bisnis untuk beroperasi kembali.

Pelonggaran lockdown di negeri jiran ini tak lantas mengizinkan adanya lalu lintas pergerakan di setiap daerah secara bebas.

Perdana Menteri Muhyddin Yassin menegaskan, bahwa masyarakat di Malaysia tidak diizinkan untuk melakukan mudik untuk perayaan Idul Fitri pada akhir Mei.

“Kita harus menemukan cara untuk menyeimbangkan antara menyembuhkan ekonomi negara dan mengatasi Covid-19,” kata Muhyiddin.

Ia menambahkan, standar kesehatan akan tetap diterapkan meski ada pelonggaran lockdown, seperti menjaga jarak aman. Sebagaimana diketahui, penerapan lockdown di Malaysia semula dijadwalkan hingga 12 Mei. Namun pelonggaran lockdown maju lebih awal di 4 Mei, mengingat kurva kasus Covid-19 di negara itu mulai terkendali.

Sebelumnya, Malaysia diperkirakan menjadi negara dengan kasus Covid-19 yang paling parah di Asia Tenggara, tetapi para pejabat mengatakan penguncian nasional yang diberlakukan pada 18 Maret, di mana sekolah dan bisnis yang tidak penting telah ditutup, dan pertemuan sosial dilarang,  telah membantu memperlambat penyebaran penyakit. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed