by

Baru Lahir, Bayi Ini Jadi Pasien Corona Termuda di Dunia

DimensiNews.co.id, LONDON- Seorang ibu dengan bayinya yang baru lahir terdeteksi positif virus corona (Covid-19). Bayi tersebut diyakini sebagai salah satu pasien corona termuda di dunia. Keduanya kini dirawat intensif di Rumah Sakit North Middlesex University.

Dikutip dari The Sun, beberapa hari sebelum melahirkan, ibu tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit setempat atas dugaan Pneumonia. Kemudian sang ibu menjalani uji lab di Rumah Sakit North Middlesex University. Namun, saat itu hasil belum diketahui hingga dirinya melahirkan.

“Dua pasien di rumah sakit North Middlesex University telah dites positif terkena virus corona. Satu telah dipindahkan ke pusat spesialis dan satu sedang dirawat di ruang isolasi,” ujar pihak Rumah Sakit North Middlesex University, NHS Trust.

Hingga kini, penularan virus corona pada bayi baru lahir belum diketahui secara pasti tertular dari dalam rahim atau terinfeksi selama proses persalinan.

Setelah hasil uji lab menunjukan ibu dan bayi tersebut positif corona, mereka langsung diberikan perawatan intensif di rumah sakit berbeda. Kini staf rumah sakit yang turut melakukan kontak dengan keduanya diperintahkan untuk mengisolasi diri.

“Keselamatan pasien dan staf kami adalah prioritas utama kami, jadi dengan mengikuti panduan dari Public Health England, kami secara teratur membersihkan area tempat pasien dirawat dan staf yang berhubungan dekat dengan pasien ini disarankan untuk melakukan isolasi sendiri,” lanjut Trust.

Hingga Sabtu, 14 Maret 2020, Jumlah total kasus corona yang terkonfirmasi di Inggris mencapai 820 kasus dengan 21 kematian.

Kematian global akibat virus yang pertama kali muncul di China Desember lalu ini melebihi angka 5.300 dengan sedikitnya 142.000 kasus terkonfirmasi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyebutkan Eropa sebagai episentrum baru virus corona. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed