oleh

Wabup Aceh Utara Minta Geusyik Segera Bentuk Relawan Desa Lawan Covid-19

DimensiNews.co.id, ACEH UTARA- Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (28/3) meminta seluruh geusyik bersama aparatur desa untuk segera membentuk posko Gampong Siaga Covid-19 dan sekaligus membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19.

“Jika Gugus Tugas Gampong Siaga Covid-19 sudah terbentuk, maka segera rekrut seluruh komponen masyarakat untuk membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19,” tegasnya.

Fauzi juga menyebutkan, relawan tersebut harus melibatkan semua unsur yang ada di gampong/desa seperti Geusyik, Tuha Puet, Kadus, Pendamping Lokal Desa, Pendamping PKH, Bidan Desa, PKK, Karang Taruna serta bermitra dengan Polisi/Babinkamtibmas dan TNI/Babinsa.

Dalam melaksanakan tugasnya nanti, Relawan Desa difokuskan pada dua aspek, yaitu melakukan pencegahan dan melakukan penanganan awal terhadap warga gampong yang diduga sebagai korban Covid-19.

“Sekaligus melakukan sosialisasi secara dialogis dengan masyarakat agar sama-sama menjaga Gampong dari penyebaran virus corona,” ungkap Fauzi Yusuf.

Disebutkan Fauzi, kebutuhan dukungan anggaran untuk pembentukan dan operasional Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 diperkirakan sebesar Rp. 25 juta di setiap gampong.

Hal itu nantinya dipakai untuk pengadaan alat sosialisasi dan edukasi, seperti spanduk dan baliho, pengadaan ATK di posko, biaya makan minum petugas/relawan, serta pengadaan bahan dan alat kesehatan untuk deteksi dini Covid-19.

“Untuk kebutuhan inilah kita intruksikan agar dapat di-plot dalam APBGampong masing-masing,” kata Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf.  (Halim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed