oleh

Peneliti Sebut Separuh Penduduk Jakarta Berpotensi Terinfeksi Corona Jika Tak Lockdown

DimensiNews.co.id- Jumlah kematian akibat virus Corona (Covid-19) di Indonesia hingga Jumat (27/3) mencapai 78 jiwa. Jumlah ini membuat Indonesia disebut sebagai negara dengan death-rate tertinggi di dunia. Sementara total kasus positif mencapai 893 orang.

Dilansir dari The Australian, Profesor Susanto yang merupakan Profeosr matematika terapan di University of Essex di Inggris, mengatakan separuh penduduk Jakarta berpotensi terinfeksi Corona. Hal ini berbanding lurus dengan status Jakarta sebagai epicentrum Corona di Indonesia.

“Kami menggunakan Jakarta sebagai sampel dengan populasi sekitar 10 juta orang. Pada puncaknya, virus ini dapat menginfeksi 50 persen populasi,” kata Profesor Susanto.

Susanto menegaskan, prediksi ini bisa lebih parah jika pemerintah tidak memberlakukan lockdown. Para peneliti juga merasa prihatin dengan perhitungan tersebut.

“Para peneliti piasanya berharap bahwa perhitungan mereka benar, tapi dalam kasus ini kami tidak ingin perhitungan ini benar,” kata Profesor Susanto kepada The Australian.

Sementara itu, peneliti Iqbal Ridzi Elyazar dari Eijkman-Oxford Clinical Research Unit (EOCRU) mengatakan, sekira 70.000 warga Indonesia diprediksi akan terinfeksi virus pada akhir April jika tidak ditangani dengan tepat.

“70.000 kasus mungkin terdengar menakutkan, tetapi itulah yang akan terjadi jika tak ditangani dengan tepat. Presiden telah mendesak publik untuk melakukan social distancing, dan kami harap semua orang mematuhinya sehingga bisa mengurangi waktu penggandaan,” jelas Elyazar.

Ia dan timnya membandingkan tingkat kasus Indonesia dengan Iran dan Italia yang sama-sama memiliki level penyebaran virus yang cepat.

“Tingkat infeksi di Indonesia meningkat dua kali lipat dalam tiga hari terakhir. Semakin pendek waktu penggandaan, semakin berbahaya,” katanya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

  1. Sayang sekali indonesia lamban dalam penanganan covid-19. tes masalpun dilakukan tidak membuahkan hasil, jika hal ini terus dibiarkan kemungkinan besar priode penyebaran virus corona akan berlangsung lama di negeri tercinta ini.

News Feed