by

Ketua DPRD Kota Batu Desak Pemkot Selesaikan Berkas PAPBD 2019

DimensiNews.co.id – BATU – Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Batu untuk menyelesaikan berkas data dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) 2019, Senin (12/8/2019) sore.

Dijelaskan olehnya, secara politis bahwa PAPBD tersebut waktunya sangat singkat. “Artinya disini tidak mengecilkan anggota DPRD yang baru, tetapi kalau ini tidak selesai pada anggota DPRD yang lama dan waktunya molor, maka Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tidak bisa dilalsanakan,” terang dia.

Masih dikatakan olehnya, 30 Agustus 2019 mendatang akan digelar pelantikan anggota dewan yang baru, tentunya masih dipimpin oleh pimpinan sementara, yang artinya juga belum terbentuk alat kelengkapan DPRD. Diperkirakan, tambah Cahyo, terbentuknya alat kelengkapan DPRD itu paling cepat satu bulan dan kalau molor bisa dua bulan .

“Bila bulan September, Oktober terus misalnya November baru ditetapkan. Yang jelas, Desember dalam selang waktu satu bulan, ini kan tidak bisa,” ujar dia.

Untuk itu, Politisi PDIP ini mendesak dan memberi pemahaman kepada Pemkot Batu, supaya PAPBD tidak terlambat dan lekas terselesaikan oleh anggota DPRD yang lama, dalam waktu sampai 30 Agustus 2019, untuk bisa menyelesaikan itu.

“Waktu 20 hari sebelum 30 Agustus 2019, menurut saya adalah waktu emas yang bisa untuk menyelesaikan itu. Sehingga, nanti pada akhir Agustus sebelum pelantikan anggota DPRD yang baru PAPBD sudah selesai,” ungkap Cahyo.

Mengapa demikian, menurut dia, kalau PAPBD sudah terselesaikan, pemerintah cukup leluasa dengan banyak waktu untuk menjalankan programnya.

“Karena di tingkat gubernur, mesti paling tidak nanti 15 hari atau satu bulan pencairan anggaran. Kalau Agustus hilang, terus September, Oktober, November, kira-kira 20 Desember kan sudah membuat laporan penyelenggaraan keuangannya. Itu harapan kami, bila data-data bisa dilengkapi dan tidak menghambat dalam pembahasan, sehingga selesai tepat waktu,” urainya.

Oleh sebab itu, Cahyo menegaskan, dengan tepat waktunya PAPBD, pastinya akan menguntungkan masyarakat, karena akan menikmati hasil pembangunan yang ada. Akan tetapi, kalau tidak tepat waktu, dalam jangka waktu ke depan akan terjadi silpa yang menumpuk, dan ini bukanlah prestasi bagi Pemkot Batu.

“Saya inginkan, kepala dinas itu yang jago menata anggaran demi kepentingan masyarakat. Saya minta, karena waktu dekat ini pelantikan anggota DPRD yang baru, waktu yang ada inilah kita gunakan sebaik-baiknya,” pungkas Cahyo.

 

 

Laporan Wartawan : Putut

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed