oleh

Dilanda Banjir Parah, Badan Meteorologi Jepang Rilis Perintah Evakuasi Tertinggi Kedua

DimensiNews.co.id, JAKARTA- Pemerintah Jepang terus bergerak menyelamatkan ribuan orang yang terjebak di rumah-rumah yang aksesnya terputus akibat banjir dan tanah longsor.

Seperti dikutip dari AFP pada Kamis (9/7/2020), Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Jepang melaporkan ada lebih dari 3ribu rumah terisolasi akibat genangan banjir yang tinggi atau akibat tanah longsor yang menyebabkan ruas jalanan rusak parah.

Kota Kumammoto adalah wilayah yang terdampak banjir dan longsor paling parah. Banyak rumah warga yang terisolasi di sana. Hujan deras diprediksi masih akan mengguyur kawasan tersebut.

Hujan lebat sejak Sabtu (4/7) pagi hingga kini telah mengguyur wilayah tersebut. Hal ini memicu meluapnya sungai-sungai dan longsor di sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan bahwa ‘hujan deras kemungkinan akan berlanjut hingga setidaknya 12 Juli di area yang luas’. JMA menyerukan ‘kewaspadaan ekstrem’ terhadap risiko tanah longsor dan banjir di dataran rendah.

JMA merilis perintah evakuasi tertinggi kedua untuk lebih dari 450 ribu orang. Namun perintah evakuasi semacam itu tidak wajib dan sebagian besar warga biasanya memilih tidak mengungsi ke kamp-kamp penampungan, kemungkinan karena takut tertular virus Corona (COVID-19).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed