by

Hebat! Tentara Maroko Berhasil Bangun Rumah Sakit Darurat Corona Dalam Waktu 6 Hari

DimensiNews.co.id, MAROKO- Pembangunan Rumah Sakit Lapangan Militer pertama di Benslimane, yang akan digunakan untuk menangani pasien virus corona (Covid-19) telah berhasil diselesaikan oleh Angkatan Bersenjata Kerajaan Maroko (FAR) pada Kamis (2/4), hanya dalam waktu enam hari.

Hal ini diungkapkan melalui laporan berita Maroco World News. Rumah sakit darurat khusus penanganan corona ini dibangun untuk mengatasi ledakan kasus pasien positif yang tak tertampung pada fasilitas kesehatan yang ada.

Hingga Kamis (2/4) tercatat pasien positif corona di Maroko sudah mencapai 676 kasus, dengan angka kematian 40 jiwa.

Kepala Rumah Sakit, Letnan Kolonel Hicham Qachti, mengatakan rumah sakit ini memiliki dua fasiltas.

Fasilitas pertama, terdiri dari tenda yang dapat menampung hingga 260 pasien. Sementara bagian kedua merupakan bangunan untuk menampung pasien darurat dengan fasilitas dan peralatan medis lengkap yang diperlukan untuk penanganan Covid-19.

Bangunan pada fasilitas kedua itu memiliki kapasitas 200 tempat tidur, dengan 20 unit perawatan intensif untuk pasien dalam kondisi kritis.

Selain itu, ada 13 dokter ditempatkan di rumah sakit tersebut, ditambah 3 dokter perawatan intensif, 2 dokter darurat, dan 6 dokter umum yang menerima pelatihan khusus tentang cara merawat pasien virus corona.

Tersedia juga seorang ahli biologi klinis dan seorang apoteker di sini.

Kemudian, staf perawat ada 69 orang, staf pendamping 39 orang yang dipimpin oleh dua pejabat kesehatan militer senior.

Anggota dari layanan sosial FAR dan departemen lain juga tersedia di rumah sakit untuk memberikan dukungan.

“Seluruh staf menyadari tanggung jawab mereka dan sepenuhnya siap untuk memenuhi tugas nasional mereka,” kata Letnan Kolonel Hicham Qachti.

Jika diperlukan, Maroko siap membangun lagi sejumlah rumah sakit darurat di seluruh negeri.

Diketahui, pembangunan rumah sakit darurat corona di Benslimane dipilih sebagai lokasi prioritas karena kedekatannya dengan Casablanca, kota dengan kasus terbanyak di Maroko.

Pembangun rumah sakit militer terwujud setelah Raja Mohammed VI meminta militer Maroko untuk membantu warga sipil selama krisis virus corona.

“Kedokteran militer perlu mengambil bagian bersama dengan rekan sipilnya dalam misi memerangi pandemi,” tulis ebuah pernyataan dari kantor kerajaan pada 22 Maret lalu.

Raja juga meminta dokter sipil dan militer dapat bersinergi dengan baik. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed