by

Peredaran Narkoba di Kota Batu Gunakan Sistem Ranjau dan Inilah Harga Trasaksinya

Tersangka kasus narkoba yang berhasil diringkus Polres Batu

DimensiNews.co.id BATU-Hasil dari giat pada Desember 2019 hingga Januari 2020, Satreskoba Polres Batu berhasil mengamankan 9 tersangka kasus narkoba.

Terbukti, para tersangka tersebut yang terdiri pelaku pengedar dan pemakai barang haram itu ditunjukkan saat gelar perkara di Mapolres Batu, Jumat (17/1/2019).

Dijelaskan Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama melalui Waka Polres Batu, Kompol Zein Mawardi didampingi Kasat Reskoba Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto, dalam penangkapan tersangka itu berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu dan ganja.

“Dari 9 pelaku itu, saat ditangkap juga berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu dan ganja,” kata dia.

Sementara, lanjut dia, dari 9 tersangka itu, dalam penangkapannya tidak pada bulan yang sama. Artinya, tambah Zein, 5 tersangka ditangkap pada Desember 2019, lalu 4 tersangka lain ditangkap pada Januari 2020.

“9 tersangka ini diringkus, karena diketahui kedapatan membawa barang haram tersebut,” jelas dia.

Mengenai modus operandinya, diterangkan Zein, pelaku itu menggunakan sistem ranjau. Meskipun, tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah jajaran hukum Polres Batu, tetapi pelaku berasal dari luar Kota Batu, diantaranya Kota dan Kabupaten Malang.

“Barang bukti yang diamankan, 12,08 gram sabu dan 196,54 gram ganja. Selain itu, beberapa buah ponsel dan alat hisap serta sejumlah uang hasil transaksi barang haram itu,” urainya.

Di tempat yang sama, Kasat Reskoba Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto, mengungkapkan bahwa saat penangkapan tidak ada pelaku yang melakukan perlawanan.

Namun demikian, imbuh dia, masih ada pelaku lagi berasal dari Madura yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Dari sembilan tersangka yang diringkus, ada satu orang yang kedapatan membawa ganja dengan jumlah paling banyak, yaitu AW alias Bujel, warga Jalan Wukir gang III, Kelurahan Temas Kota Batu,” jelas dia.

Dilihat dari harga transaksi penggunaanya, Yussi menegaskan harga jual sabu per 1 gram mencapai Rp 1,2 juta, dalam penggunaannya untuk 5 orang.

Kemudian, tambah dia, untuk ganja harga jualnya per 5 gram hingga Rp 100 ribu, dan dalam penggunaanya untuk 2 orang.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal 112 Undang Undang RI Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun penjara.put

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed