Buka Sosialisasi SKM, Maryono: Keep Smile for Public Services

  • Bagikan

Tangerang – “Jangan mempersulit pelayanan, lakukan yang terbaik untuk masyarakat.” Pesan tegas ini disampaikan Wakil Wali Kota Tangerang, H. Maryono Hasan, saat membuka kegiatan Sosialisasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2025 di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (10/07/2025).

Dalam sambutannya, Maryono, menekankan pentingnya evaluasi berkelanjutan untuk memastikan kualitas pelayanan publik selalu meningkat. Menurutnya, pelayanan kepada masyarakat tak boleh berjalan stagnan, tetapi harus terus diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

“Yang belum paham jangan merasa sok tahu dan hebat, kita harus terus berbenah. Untuk pelayanan publik, lakukan yang terbaik,” pesannya kepada 189 peserta sosialisasi yang hadir dari berbagai unit pelayanan, mulai dari perangkat daerah, kecamatan, kelurahan, hingga Puskesmas.

BACA JUGA :   Tak Kunjung Hujan, Masyarakat Limun Lakukan Sholat Istisqa

Maryono juga menjelaskan, SKM merupakan instrumen penting untuk memotret persepsi dan harapan masyarakat atas pelayanan yang mereka terima. Hasil survei tersebut menjadi landasan penting bagi pemerintah untuk memperbaiki kebijakan secara terukur dan objektif.

“Bukan sekadar formalitas. Lewat data SKM, kita bisa tahu apa yang sudah berjalan baik dan apa yang masih harus ditingkatkan. Jangan sampai masyarakat sudah puas, tapi kita justru kehilangan semangat untuk memperbaiki diri,” tambahnya.

Lebih lanjut, Maryono, mengungkapkan bahwa indeks pelayanan publik Kota Tangerang tahun lalu berhasil mencapai angka 98,95. Capaian ini menjadi bukti nyata adanya peningkatan kualitas pelayanan yang dirasakan masyarakat.

“Alhamdulillah, kita memperoleh angka 98,95. Mudah-mudahan ke depan bukan hanya baik di beberapa indikator saja, tetapi menyeluruh, sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA :   35 Anggota DPRD Kabupaten Mesuji Masa Jabatan 2019-2024 Resmi Dilantik

Ia juga mengingatkan, bahwa masyarakat selalu menantikan inovasi dan gebrakan nyata dari pemerintah. Karena itu, seluruh ASN di Kota Tangerang diimbau untuk terus meningkatkan profesionalisme dan komitmen dalam melayani.

“Saya berharap, ke depan kita semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Terus semangat, tetap profesional, dan yang paling penting keep smile for public service. Semoga pelayanan kita semakin baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutup Maryono.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses