oleh

FEATURE : 99.953 Masyarakat Aceh Utara sudah di Vaksin

Program vaksinasi massal yang berlangsung di Kabupaten Aceh Utara sudah berjalan dengan baik dan animo masyarakat untuk mendatangi lokasi vaksinasi pun semakin meningkat meski kasus penyebaran Covid-19 sudah menurun drastis.

Selain jumlah masyarakat yang sudah di vaksin semakin bertambah juga kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi di tengah pandemi Covif-19 juga semakin meningkat.

“Peningkatan animo masyarakat untuk memvaksin dirinya tidak terlepas dari upaya pemerintah yang terus melaksanakan sosialisasi vaksinasi di tengah masyarakat,” ungkap Kadis Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, M.Kes.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Aceh Utara tercatat sebanyak 99.953 masyarakat sudah mendapatkan dosis vaksin Covid-19 tahap pertama dari 485.858 masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi.

Jika dihitung persentasenya sudah mencapai 20,6 persen masyarakat di Aceh Utara sudah mendapatkan dosis vaksin tahap pertama, sedangkan masyarakat yang mendapat dosis vaksin tahap kedua baru mencapai 8,3 persen atau sebanyak 40.389 orang.

Selain pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat baik tahap pertama dan kedua. Dinas Kesehatan juga sudah memberikan vaksin dosis ketiga kepada 2.214 tenaga kesehatan.

“Dosis vaksin tahap ketiga itu khusus diberikan kepada tenaga kesehatan, sedangkan bagi masyarakat umum hanya diberikan dosis vaksin tahap pertama dan kedua,” ungkap Amir Syarifuddin.

Selain menggenjot masyarakat yang sudah masuk dalam daftar vaksinasi tahap pertama dan kedua, pemerintah daerah setempat juga ikut menghadirkan vaksinasi masuk sekolah baik di tingkat SMA sederajat maupun SMP serta di pesantren-pesantren yang ada di Aceh Utara.

Sementaran untuk vaksinasi dikalangan pelajar hingga akhir November 2021 tercatat sebanyak 9.075 siswa dari total jumlah siswa sebanyak 19.557 orang siswa SMA dan SMK baik negeri maupun swasta.

“Vaksinasi masuk sekolah sudah menunjukkan hasil yang positif, karena tingkat kesadaran orang tua yang memberikan izin kepada anaknya untuk di vaksin semakin meningkat,” sebut Kadinkes Aceh Utara itu.

Dan Pemkab Aceh Utara bersama TNI dan Polri terus berkomitmen untuk percepatan target vaksinasi dan berharap masyarakat dapat segera memanfaatkannya, sehingga target membentuk kekebalan kelompok dapat tercapai.

Upaya untuk terus mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi vaksin ditengah pandemi Covid-19, terlebih vaksin yang digunakan itu aman dan halal serta sudah terbukti sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh yang ditandai dengan melandainya kasus Covid-19 di Aceh Utara.

“Kepada masyarakat mari ikut menyukseskan program vaksinasi nasional sebagai bentuk ikhtiar melawan pandemi COVID-19 dengan mendatangi gerai vaksin yang tersedia di daerah masing-masing,” harap Kadis Kesehatan Aceh Utara, Amit Syarifuddin, M.Kes***

Oleh Abdul Halim Yusuf SE

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed