by

Target Percepatan Vaksinasi Kabupaten Malang Berakhir Bulan Sebelas

KABUPATEN MALANG-Upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur terus dilakukan.

Dengan target pemberian vaksin kepada masyarakat 1600 dosis per hari di 378 desa dan 12 kelurahan, diharapkan selesai setidaknya 70 persen dari jumlah penduduk berakhir bulan 11 tahun ini.

“Semoga kegiatan ini terus dipacu dan seperti tujuan awal yakni serbuan vaksin di Kabupaten Malang dengan target 1600 vaksin per hari,” kata Didik Gatot Subroto, Wakil Bupati Malang, Sabtu (9/10/2021), saat memantau kegiatan vaksinasi di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Sedangkan pelaksanaan vaksinasi tersebut, lanjut dia, saat ini pemerintah daerah bersinergi dengan TNI, Polri dan pemerintah desa dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19.

“Dalam rangka Monev (Monitoring Evaluasi) terkait dengan kegiatan vaksinasi hari ini melalui serbu vaksinasi yg dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang, semata-mata ini menjadi bagian dari ikhtiar pemerintah untuk warganya agar warga Kabupaten Malang secara keseluruhan diberikan kesehatan dan tidak mudah tertular virus Covid-19,” terang Didik.

Namun demikian, ditegaskan olehnya, meski masyarakat sudah melakukan vaksinasi diwajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Meski sudah divaksin, masyarakat tidak boleh lalai, harus mematuhi protokol kesehatan. 3M harus dijalankan, dan wajib menggunakan masker untuk melindungi diri dalam aktivitas sehari-hari,” tegas dia.

Sementara, Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin, menjelaskan bahwa untuk saat ini angka persentase percepatan vaksinasi di Kabupaten Malang di atas 50 persen dosis satu.

Oleh sebab itu, untuk melengkapi dosis kedua vaksinasi, menurut dia, dipercepat dan berakhir pada bulan 11 tahun ini sesuai jadwalnya.

“Vaksinasi ini harus digenjot, saat ini nilai persentase vaksinasi di Kabupaten Malang sudah di atas 50 persen. Dan, harus selesai bulan 11tahun ini, dengan target selesai 70 persen dari jumlah penduduk dosis satu sampai dosis dua,” tandas dia.

Di soal kendala dari masyarakat dalam sosialisasi vaksinasi, tambah Amin, sebenarnya saat ini masyarakat memahami vaksin sepotong-sepotong dari medsos yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Kita harus gencar memberikan informasi, MUI memberikan fatwa bahwa vaksin itu halal, serta aman yang buktinya juga sudah keluar surat dari BPOM. Karena ini, upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat,” ujar dia.

Terkait capaian vaksinasi di angka 70 persen, dijelaskan olehnya, bahwa nantinya sebagai salah satu indikator untuk penurunan level PPKM, dari level III menjadi level II di samping tetap dilakukan upaya tracing dan testing.

Seperti diketahui, luas Kabupaten Malang adalah 3.534,86 km2 dan terdiri dari 33 kecamatan, 12 kelurahan dan 378 desa dengan jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa.Putut

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed