oleh

Posko PPKM Mikro Satgas Covid-19 di Wilayah Kecamatan Pucanglaban dikunjungi Tim dari Polres

TULUNGAGUNG – Bahwa dalam rangka pengendalian pencegahan dan penanggulangan Penyebarluasan Covid-19 di Kabupaten Tulungagung maka perlu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat Desa untuk pengendalian penyebaran Covid-19. Pemerintah saat ini menerapkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro guna menekan penyebaran Covid-19.

Bertempat di Kecamatan Pucanglaban, Camat Drs. Ali Muchtar menerima Kunjungan Tim Monev Asistensi pengecekan Posko PPKM dari Polres Tulungagung Kapolres yang diwakili oleh Kabag Ops, Kompol Supriyanto SH, Kanit Laka Iptu Diyon Fitriyanto SH beserta anggota dan didampingi pihak Kapolsek Pucanglaban Iptu Ipung Herianto, S.H,M.H dan anggota, Koramil Ndanramil Pucanglaban Kapten Inf Sadikun bersama anggota, Jumat (19/02/2021).

Kapolres Tulungagung melalui Kabag Ops Kompol Supriyanto SH, menuturkan Polres dan jajarannya mendukung pemerintah untuk melakukan pencegahan covid19 biar cepat berlalu, dan minta dukungan dari semua lapisan masyarakat dan semua pihak untuk melakukan upaya upaya guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Supriyanto juga meminta saran atau masukan dari masyarakat kepada Polres demi kemajuan Kabupaten Tulungagung, juga menegaskan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi, terang Kompol Supriyanto.

Kapolsek Pucanglaban Iptu Ipung Herianto, S.H,M.H mengucapkan ucapan terima kasih kepada jajaran Polres, atas kunjungannya ke posko PPKM Mikro dan Kampung Tangguh Nusantara, Adanya posko iki sangat efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid19, juga meminta dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat se Kecamatan Pucanglaban.

Selama diberlakukannya PPKM Mikro, lanjut Ipung, akan menjadi solusi di tingkat desa dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam pelaksanaan harus ada sinkronisasi semua pihak untuk mewujudkan PPKM dan Kampung Tangguh yang sempurna. Kegiatan ini harus diberdayakan sebagai ketahanan kesehatan, ketahanan keamanan, ketahanan pendidikan, serta sebagai sarana sumber informasi, jelas Kapolsek.

Ndanramil Pucanglaban Kapten Inf Sadikun juga mengungkapkan selama ini sudah memenuhi syarat dan layak serta sesuai dengan protokol kesehatan seperti adanya papan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan 5M. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Inf Sadikun menambahkan dalam pelaksanaannya di posko itu sudah terbentuk unit kecil lengkap yang terdiri dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta petugas medis dari puskesmas sebagai ujung tombak dalam melakukan tracking bagi masyarakat yang melakukan kontak fisik dengan pasien terpapar Covid-19.

“Kami imbau warga untuk menaati protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” tandasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Camat Ali mengatakan, untuk kesiapan pemberlakuan PPKM Mikro ini, pihaknya telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana. Termasuk memberikan bantuan kebutuhan dasar bagi penderita Covid-19 yang kondisinya kurang mampu. Selain itu, juga sudah disediakan tempat isolasi mandiri dan dapur umum. Selain itu, di Balai Desa menjadi posko,” ungkapnya.

Ali mendukung sepenuhnya pembentukan posko PPKM berbasis mikro di wilayahnya. Menurutnya dengan dibentuk posko tersebut pemantauan dan penanganan Covid-19 akan lebih terfokus dan langsung dirasakan masyarakat.

“Kami segenap Forkopimcam dan warga akan selalu mendukung segala bentuk penanganan Covid-19 yang dianjurkan oleh pemerintah. Semoga dibentuknya posko ini akan mempercepat penanggulangan sampai ketingkat yang paling bawah yaitu RT, ” ujarnya.*(Crs/Untung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed