oleh

TMA Bendungan Jatiluhur Masih Normal

DimensiNews.co.id – Purwakarta

Perum Jasa Tirta II Jatiluhur mencatat Tinggi Muka Air (TMA) di Bendungan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, saat ini berada dikisaran 92,66 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Direktur Operasi dan Pengembangan Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Antonius Aris Sudjatmiko, menjelaskan TMA Bendungan Jatiluhur masih dalam keadaan normal karena dalam posisi diatas kering.

“Batas kondisi kering berada dikisaran 85 mdpl. Sekarang masih diatas kering. Air yang masuk ke bendungan berada dikisaran 99,47 meter kubik perdetik dan air yang keluar berada diangka hingga 155 meter kubik per detik,” ujar Aris kepada awak media di Istora Jatiluhur, Kamis (20/9).

Namun demikian, hal itu masih tidak banyak berdampak pada sektor irigasi. Pihaknya menegaskan masih bisa menjamin suplai air untuk irigasi di hilir. Termasuk pengaliran air ke Jakarta, Karawang serta daerah lainnya masih bisa dijamin hingga akhir tahun nanti.

“Dengan kondisi ini, kini PJT masih bisa mengoperasikan turbin maupun pengiriman air seperti biasanya,” tuturnya.

Ia berharap beberapa waktu kedepan bisa terjadi hujan, hal itu agar TMA naik dan berefek pada keperluan operasional di tahun berikutnya. “Air yang dikeluarkan pun masih sesuai dengan permintaan. Kalau ada sawah yang kekeringan, mungkin itu area diluar target operasi waduk ini,” tutupnya. (rom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed