oleh

Genjot Pertumbuhan Desa DPMD Halmahera Tengah Gencar Laksanakan Musrembang Tahun 2018

 

DimensiNews.co.id HALMAHERA TENGAH – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Halteng gencar menggelar Musrenbang Desa dalam rangka mengsingkronisasi program Desa dengan program Daerah. Musrenbang yang berlangsung di Kantor Desa Wedana Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah Kamis, (24/01/2018)

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengsingkronisasi program daerah dan desa. Selain itu juga merupakan bentuk dukungan kepada daerah untuk mengembangkan desa menjadi lebih berkualitas dalam memanfaatkan Alokasi dana desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Sekretaris DPMD Pemkab Halteng Rosmiati Marida mengatakan, kegiatan Musrenbang tahun anggaran 2018 ini merupakan program dari Kementerian Desa. Oleh karena itu program desa ini juga akan di singkronisasi dengan program Daerah.katanya.

Karena Menurutny, visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Tengah yakni Drs Edi Langkara MH dan Abd Rahim Odeyani SH, MH. Ini tujuannya untuk memperkuat Desa dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan agar lebih berkualitas, tepat sasaran dan berkelanjutan,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Desa harus melakukan rapat musyawarah bersama masyarakat untuk mengusulkan program kepada desa kemudian desa memilih program apa yang akan dilaksanakan, ditandai dengan komitmen bersama,” katanya.

Sekretaris DPMD Pemkab Halteng Rosmiati Marida juga menambahkan bahwa Anggaran 1,2 milyar milik Desa Wedana Kecamatan Weda yang sudah tergabung APBD dan APBN ini tidak merta-merta diperuntukkan ke program fisik saja, karena disitu ada program pemberdayaan masyarakat melalui BUMdes yang sudah dibentuk dan berpayung hukum,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Kabupaten Halmahera Tengah Desa Dotte Kecamatan Weda Timur sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Halmahera Tengah Desa tersebut dikategorikan Desa tertinggal sehingga dalam tahun ini Desa Dotte mendapatkan bantuan Apimasi. Selain itu, Dana Desa Kabupaten Halmahera Tengah mengalami penurunan sebesar Rp 300 juta,” jelasnya.

Pantauan media ini dua hari belakangan ini DPMD Pemkab Halteng dengan gencar melakukan kegiatan Musrenbang di tiap-tiap Desa se Kabupaten Halmahera Tengah yang dihadiri Kepala Wilayah Kecamatan dan Pemerintah Desa dan jajarannya.

Laporan Wartawan : Ode

Editor.                        : Red DN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed