by

Hampir Sepekan Puluhan WNA Bermukim Di Atas Trotoar Depan Imigrasi Kalideres Butuh Perhatian

DimensiNews.co.id JAKARTA – Puluhan Warga Negara Asing (WNA) asal Afganistan,Sudan dan Somalia,terdiri dari laki laki perempuan dan anak anak menggelandang di atas trotoar depan Kantor Detensi Imigrasi, Jalan Peta Selatan, Kalideres Jakarta Barat, Rabu (10/1/18).

Puluhan WNA tersebut adalah pengungi para pencari suaka ke Negara Indonesia sejak pertengahan desember lalu lantaran di Negaranya penuh dengan konflik.

“Kami merasa nyaman ada di Negara Indonesia karena disini damai dan nyaman.
Kami ke Negara Indonesia tujuannya adalah mencari perlindungan,” kata Runing warga asal Somalia,Rabu (11/1/2018)

Runing bersama teman dan negara tetanggal lainnya sudah berada di depan Kantor imigrasi tersebut sudah hampir satu bulan,sudah 23 hari kata Runing Pada DimensiNews.co.id di lokasi

Dia dan kawan kawanya berada di indonesia sudah hampir 4 bulan,sebelumnya kami tinggal di daerah bogor,kemudian kami pindah kejakarta untuk mencari perlindungan,karena di sana kami tidak punya makanan.katanya.

Lanjutnya,Kami makan di sini hanya menunggu belas kasihan orang yang lewat saja yang kasih makan kami,bahkan dia mengatakan,belum lama ini sempat ada yang lahiran di sini di atas trotoar ini,katanya.

Dari hasil pantauan di lokasi depan Imigrasi Kalideres, para pencari suaka asal Negara Asing yakni, Afghanistan dan Somalia, tampak terlihat bukan orang dewasa saja , melainkan anak-anak di bawah umurpun terlihat mereka tidur dengan alat seadanya, seperti tikar karpet dan tenda yang di dirikan diatas trotoar.

Sementara itu, Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Detensi Imigrasi R. Achmad ketika dikonfirmasi wrtawan mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan instansi terkait soal keberadaan mereka.

“Kita sudah berkordinasi dengan instansi terkait, untuk memberi pelayanan yang terbaik terhadap mereka.Sementara penampungan di dalam sudah over Kapasitas,” katanya.

Achmad juga menjelaskan, ruang penampungan di dalam Detensi Imigrasi hanya mampu menampung 120 orang.Sementara yang ada di dalam penampungan sudah mencapai empat ratus orang lebih sampai dengan tgl 8 Januari 2018.

“Sekarang kita lakukan Emergency dulu, terutama tentang kesehatannya.Soalnya ada wanita yg sdang hamil dan ada orang tua yang sedang sakit.Kita kerjasama dengan pihak Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Kecamatan Kalideres dan Puskesmas Kalideres untuk melakukan cek kesehatan kepada mereka,” tutupnya.(HL/PiP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed