oleh

Bareskrim Polri Selidiki 95 Korporasi Terkait Karhutla

DimensiNews.co.id JAKARTA – Satgas Karhutla Bareskrim Polri tengah menyelidiki 95 perusahaan yang diduga sengaja melakukan pembakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. Bahkan dari jumlah tersebut, 11 perusahaan sudah dalam tahap penyidikan untuk menentukan tersangka.

Kasatgas Karhutla Bareskirm Polri, Brigjen Pol Fadil Imran mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menetapkan 325 tersangkat perorangan.

“Para perusahaan ini diduga telah lalai dalam mengendalikan dan mengantisipasi secara dini kebakaran hutan dan lahan di area yang mereka kuasai,” ujar Fadil, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/9/2019).

Hingga saat ini, dari catatan Satgas Karhutla total lahan yang terbakar seluas 7.264 hektar. Lahan tersebut tersebar di Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Selain pasal pidana, lanjutnya, pemerintah daerah setempat diharapkan bisa memberikan sanksi administrasi kepada perusahaan yang terbukti.

“Sanksi administrasi itu berupa pencabutan izin pengelolaan hutan dan gugatan ganti rugi untuk masyarakat terdampak kebakaran hutan dan lahan,” (Jie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed