by

Pulau Kecil Di Danau Sunter, Benarkah Tempat Bersemayamnya Si Manis Jembatan Ancol?

DimensiNews.co.id SUNTER – Di tengah-tengah kecantikan pemandangan Danau Sunter, Jakarta Utara, terdapat pula pemandangan yang sedikit tidak biasa.

Ya, di tengah-tengah danau tersebut, terdapat sebuah ‘pulau’ kecil yang dipenuhi dengan pohon dan semak-semak. Konon ‘pulau’ misterius tersebut terbilang angker dan penuh misteri.

Keberadaan ‘pulau’ kecil yang cukup misterius di tengah Danau Sunter, muncul bersamaan dengan pembuatan danau tersebut, di tahun 1977. Saat pengerukan dilakukan untuk pembuatan danau, semua lahan bisa dikeruk tapi anehnya hanya bagian pulau itu saja yang tidak bisa dikeruk.

Yang lebih anehnya lagi, saat sudah terbentuk danau sejumlah petugas yang tetap mencoba melakukan pengerukan dengan menggunakan alat-alat berat, harus mengalami kejadian misterius.

Mereka beserta alat beratnya terjungkal seolah berhadapan dengan sebuah kekuatan maha dahsyat yang tak kasat mat. Sejak itulah, kabar adanya penunggu di pulau misterius tersebut terus bergulir.

“Ceritanya sih gitu. Pas ngeruk alat beratnya terjungkal. Dan itu terjadi berkali-kali. Katanya sih, karen di lokasi itu ada penunggunya” ujar seorang petugas DSDA Sunter yang ditemui di lokasi.

Ditambahkannya, kabar adanya penunggu di pulau misterius itu ternyata justru memantik segeliintir orang yang mempercayai hal-hal gaib, untuk datang dan bersemedi di lokasi.

“Gak tahu apa yang dicari. Anehnya, mereka mampu bertapa hingga berhari-hari lantaran percaya di pulau tersebut terdapat istana gaib, dan juga sang penunggu,” urainya.

Selain keberadaan istana gaib, sebagian orang lannya juga percaya, jika pulau misterius itu menjadi tempat bersemayamnya arwah Maryam, si Manis Jembatan Ancol.

Hal ini ditandai dengan banyaknya warga yang kesurupan saat datang ke pulau tersebut. Saat kesurupan, para korban biasanya merancu dan mengaku sebagai Maryam si Manis Jembatan Ancol.

“Dari situ, warga kemudian menarik kesimpulan jika pulau itu adalah tempat bersemayamnya si Manis Jembatan Ancol. Kesimpulan itu diperkuat dengan jarak danau sunter dan kawasan jembatan Ancol, yang tidak terlalu jauh,” imbuh Haryono.

Kejadian Misterius Juga Kerap Terjadi

Misteri dan keangkeran kawasan pulau di tengah Danau Sunter kian menggema, seiring dengan kejadian-kejadian aneh yang acap menelan korban jiwa. Misalnya, sejumlah kejadian yang menyebabkan pengunjung atau pemancing tewas tenggelam.

Anehnya, para korban tenggelam itu seperti diinapkan, karena biasanya jasad mereka baru akan ditemukan keesokan harinya di lokasi yang sama, dimana mereka tenggelam.

Di luar itu, masih banyak lagi beragam cerita mengerikan terkait Danau Sunter. Mulai dari lokasi pembuangan mayat korban pembunuhan hingga kecelakaan maut angkutan umum.

Toh di balik misteri yang konon menyelimuti pulau tersebut, buat masyarakat setempat, kini kawasan Danau Sunter adalah kawasan wisata keluarga yang cukup menyenangkan. Pendestrian yang rapi, kawasan yang bersih, serta lampu jalan yang menerangi saat malam tiba, menjadikan kawasan tersebut terlihat kian cantik dan tak lagi seseram dulu. (DN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed