by

Koin Jaman Dinasti Ming Ditemukan Pekerja Bangunan Saat Gali Tanah di SLBN Kota Batu

DimensiNews.co.id, BATU – Sejak pagi, Rabu (25/9/2019), di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN), yang terletak di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, diributkan dengan penemuan koin kuno asal Cina yang beratnya sekitar 6 kg.

Sedangkan, penemuan koin itu terjadi pada, Sabtu (21/9/2019), oleh seorang pekerja bangunan, Prapto Sutrisno (57), warga asal Kelurahan Temas, Kecamatan/Kota Batu, saat menggali tanah yang hendak dijadikan pondasi bangunan.

Menurut dia, dari keseluruhan areal lahan yang keras ada salah satu titik yang gembur. “Ketika ada titik tanah yang kelihatan gembur seketika itu pula saya cangkul. Saat bunyi gemerincing, kena cangkul, saya lihat ternyata banyak koin disitu,” terang dia, Rabu (25/9/2019).

Oleh sebab itu, saat diketahui adanya koin, tambah dia, langsung diberitahukan ke pihak sekolah, yang kemudian dikumpulkan dalam sebuah wadah.

Sementara itu, Noerad AP, Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan, Dinas Pariwisata Kota Batu, menerangkan bahwa koin berlubang yang ditemukan tersebut diperkirakan dari Dinasti Ming. Hal ini dikarenakan pada koin tersebut masih ditemukan gambar lapisan pati nasi.

Lahan tempat ditemukannya koin.

“Jumlahnya belum kami hitung karena akan kami konsultasikan dengan BPCB Trowulan,” terang Noerad.

Ia juga menambahkan pihaknya memperkirakan koin tersebut sengaja ditimbun untuk dijadikan tabungan mengingat pada menabung uang dengan memendamnya di tanah merupakan salah satu kebiasaan dari warga Cina dahulu kala.

Disinggung terkait pengembangan temuan, Noerad membeberkan pihak Dinas Pariwisata Kota Batu tidak akan melakukannya karena tanah tersebut merupakan aset dari SLBN Kota Batu.

“Kalaupun mungkin ada di titik lain, karena tempat ditemukannya koin tersebut masih memiliki jarak yang dekat dengan Mbah Batu yang dipercaya sebagai pembabat alas Kota Batu,” pungkasnya. (Put)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

News Feed