by

Kodim 1505/Tidore Gelar Kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Pada Mitra Karib

DimensiNews.co.idTIDORE KEPULAUAN.

Dalam meningkatkan sinergitas seluruh komponen guna memperkokoh integritas bangsa, Kodim 1505/Tidore beserta Tim Wasev Sterad Letkol Inf Jailan pada Rabu (29/11/2017) bertempat di Aula Makodim Tidore, menggelar kegiatan sosialisasi Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial sebagai wujud pembinanan mitra karib Kodim 1505/Tidore. Dan dibuka langsung oleh Kepala Staf Kodim 1505/Tidore Mayor Inf Sihono, Amd.

Dalam sambutan, Kasdim 1505/Tidore mengatakan tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut guna meningkatkan pemahaman tentang pembinaan peta jarak jaring teritorial di satuan komando kewilayahan, sehingga memperlancar kegiatan deteksi dini, cegah dini, dan sistem lapor cepat.

“Sasarannya adalah meningkatkan kemampuan dalam pembinaan terhadap mitra karib yang sudah dibentuk, sehingga akan lebih berdaya guna dan lebih terarah, membentuk mitra karib baru sehingga akan lebih optimal dan penyempurnaan pembuatan peta jarak jaring teritorial di satuannya,” kata Kasdim.

Sementara itu, Ketua Tim Wasev Sterad Letkol Inf Jailan dalam pemaparannya mengatakan bahwa, penyelenggaraan kegiatan pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial sebagai wujud pembinaan mitra karibnya dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokok, TNI AD melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial yang merupakan fungsi sebagai perpanjangan tangan aparat Kowil di wilayahnya.

”Guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Maka setiap prajurit Satkowil harus Memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, mengayomi, berwawasan pengetahuan luas, serta senantiasa menjadi panutan dan suri tauladan,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata ketua Tim wasev, fungsi teritorial merupakan Centre Of Gravity kekuatan pertahanan, sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Kegiatan penyelenggaraan pembinaan teritorial perlu adanya tindakan antisipasi aparat kewilayahan dalam deteksi dan cegah dini untuk menghadapi berbagai kerawanan yang terjadi diwilayahnya, dalam rangka meningkatkan temu cepat lapor cepat terhadap permasalahan dan perkembangan di daerah, perlu adanya kesamaan pandangan dan persepsi para babinsa bersama mitra dilapangan sehingga lebih berdaya guna dan terarah,” tuturnya.

Dalam kegiatan sosialisasi peta jarak jaring teritorial Kodim 1505 Tidore di ikuti oleh para Danramil, Babinsa, dan 23 mitra diantaranya Kejaksaan, Satpol PP, Mahasiswa STIMIK dan mitra babinsa di wilayah Tidore Kepulauan. (SS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed