by

Inspektorat Kabupaten Nias Temukan Penyimpangan Keuangan Desa Sitolubanua

-REGIONAL-1,185 views

DimensiNews.co.id, NIAS – Inspektorat Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara mendapatkan temuan dugaan penyimpangan administrasi maupun volume pekerjaan dalam keuangan desa yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017 Desa Sitolubanua, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias.

Dari temuan itu terdapat nilai kerugian negara mencapai kurang lebih Rp. 86 Juta. Hal ini di ungkapkan pada RDP Komisi I DPRD Kabupaten Nias, Senin (19/08/2019).

“Kami telah banyak menemukan penyimpangan dalam pengelolaan dana desa di Desa Sitolubanua. Dalam temuan sementara kerugian negara mencapi kurang lebih Rp. 86 Juta Rupiah pada tahun  2017. Namun, pihak kami telah menyurati Kepala Desa tersebut. Sementara sampai hari Kepala Desa Sitolubanua tak kunjung mengembalikan uang tersebut,” ungkap Inpektur Kabupaten Nias, Andhika Laoli.

Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (LSM PMPRI) Nias, Deserman Lase, menyampaikan bahwa temuan isnpektorat terkait anggaran dana desa di Desa Sitolubanua yang mencapai kurang lebih Rp. 86 Juta harus dipertanggungjawabkan oleh Kepala Desa sampai saat ini belum dikembalikan. Hal itu termasuk tindak pidana korupsi yang seharusnya ditindak oleh penegak hukum.

“Sangat disayangkan temuan inspektorat, sudah satu tahun lebih ditemukan indikasi belum ada rekomendasi dilimpahkan kepenegak hukum. Pada halnya, itu termasuk tindak pidana korupsi. Jika surat inspektorat tidak diindahkan oleh kepala desa. Dalam jangka waktu yang ditentukan belum dikembalikan, mengapa tidak melaporkan indikasi tersebut. Atau saya menduga ada pihak yang main mata dalam hal tersebut,” tutur Deserman, Kamis (22/8).

“Saya berharap kepada pihak terkait untuk segera memeriksa Kepala Desa Sitolubanua dan mempertanggungjawabkan temuan tersebut secara hukum. Supaya hal ini menjadi efek jera bagi oknum kepala desa yang bermain-main dengan dana desa,”  tegas Deserman. (SN/L)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed