oleh

Kota Tangerang Miliki Kampung Tertib Lalu Lintas

DimensiNews.co.id TANGERANG – Kota Tangerang, Banten, saat ini tengah mengubah wajahnya dengan mendorong masyarakat untuk membuat kampung-kampung tematik. Tidak hanya memperindah kawasan, kampung tematik ternyata juga bisa menjadi sarana edukasi kepada masyarakat, terutama anak-anak.

Seperti yang dilakukan oleh warga di Asrama Polri, RW 04, Pasar Baru, Kota Tangerang. Permukiman yang memang sebagian besar dihuni oleh keluarga Polri ini, cukup unggul dalam hal kekompakan warga dan kebersihan lingkungan.

Setelah merebut juara pertama sebagai Kampung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHB) tingkat Kota Tangerang, warga pun berinisiasi untuk membuat Kampung Tertib Lalu Lintas (Talas).

Gayung bersambut. Program dan visi yang baik, langsung mendapatkan dukungan dari Satlantas Polres Metro Kota Tangerang. Sarana dan prasarana yang mendukung tema ini pun dibuat bersama warga.

Kasatlantas Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, pihaknya mendukung pembuatan Kampung Talas. “Atas inisiasi warga asrama, kemudian dikembangkan menjadi destinasi edukasi, bertema kampung tertib lalu lintas. Dan bisa dikunjungi oleh masyarakat umum,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, Kampung Talas telah difasilitasi alat peraga lalu lintas (APL), taman bermain, marka jalan, rambu-rambu lalu lintas hingga traffic light.

Tidak hanya sebuah singkatan, warga pun banyak yang menanam pohon Talas di pekarangan rumahnya. Terdapat pula hiasan mural tata tertib lalu lintas, vertical garden, inovasi seni bercocok tanam, sudut-sudut kampung yang hijau dan bersih.

“Kami akan terus benahi dan menambah fasilitas-fasilitas di kampung ini agar lebih bermanfaat bagi masyarakat banyak,” imbuhnya.

Terbaru, kampung ini dilengkapi fasilitas perpustakaan. Kehadiran perpustakaan, menurut Juang, dapat memberikan daya tarik bagi pengunjung.

“Nanti mungkin ada pedagang helm dan jas hujan untuk keselamatan. Dan nanti mulai dikunjungi oleh anak-anak TK, PAUD atau SD, maupun masyarakat yang akan diberikan edukasi tertib berlalu lintas” tuturnya.

Juang menegaskan, kehadiran Kampung Talas menjadi ikon bahwa masyarakat di Kota Tangerang bertekad menjadi warga masyarakat yang sangat tertib berlalu lintas.

“Suatu kota kalau ternyata pelanggaran lalu lintasnya tidak banyak dan terlihat tertib adalah cerminan kota yang berlatar pendidikan tinggi dan berbudaya,” tandasnya.(Mus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed