by

Waspadailah Efek Berlebihan Konsumsi Daging Saat Idul Adha

DimensiNews.co.id – Jakarta – Hari Raya Idul Adha identik dengan mengonsumsi makan daging, baik itu sapi dan kambing. Kedua olahan makanan tersebut bisa menyehatkan apabila tidak dikonsumsi berlebihan.

Namun, makan daging secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah-masalah kesehatan tertentu. Apa saja? Mari simak informasinya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/8/2019).

Dehidrasi

Terlalu banyak mengonsumsi daging dapat menyebabkan dehidrasi yang mempengaruhi segala aspek masalah kesehatan. Studi dari University of Connecticut menemukan bahwa mengonsumsi daging berlebihan dapat menyebabkan ginjal memproduksi urin yang lebih pekat. Hal ini karena jumlah protein berlebihan pada tubuh Anda.

Sakit Kepala

Tidak mengherankan jika daging dapat menyebabkan sakit kepala. Sebab, terlalu banyak daging bisa mengalami dehidrasi. Selain itu jika makan daging saja tanpa nasi atau karbohidrat, juga menyebabkan sakit kepala. Hal ini karena karbohidrat adalah bahan bakar untuk otak, jadi ketika makan banyak daging dan tidak cukup karbohidrat, ini dapat menyebabkan sakit kepala.

Kelelahan

Konsumsi daging yang berlebihan dapat membuat Anda merasa lebih lelah dari biasanya. Hal ini disebabkan daging secara inheren lebih sulit dicerna oleh sistem pencernaan tubuh kita, sehingga tubuh bekerja lebih keras untuk memproses daging.

Berat Badan Naik

Kelebihan protein yang dikonsumsi biasanya disimpan sebagai lemak, sedangkan kelebihan asam amino akan diekskresikan. Ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu, terutama jika Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori. (rn/inid)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed