by

Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H Dinas Pertanian Kota Batu Periksa Hewan Kurban di Pinggir Jalan

Pemberian antibiotik untuk kambing yang terkena sakit mata

 

DimensiNews.co.id-BATU-Ratusan hewan kurban yang diperdagangkan di pinggir jalan, menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, 11 Agustus 2019 mendatang, diperiksa oleh Dinas Pertanian Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (6/8/2019).

Dijelaskan Kabid Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian Kota Batu, Lestari Aji, bahwa pemeriksaan hewan kurban dilakukan di sembilan titik yang tersebar dalam tiga kecamatan. “Tujuan pemeriksaan itu untuk memastikan bahwa semua hewan yang diperdagangkan terutama di wilayah Kota Batu dalam keadaan sehat dan layak,” terang dia.

Untuk pemeriksaan, menurut Aji, meliputi pemeriksaan fisik mulai dari mata, gigi, kulit, hidung, dan mulut, termasuk usia hewan tersebut. “Supaya pembeli mendapat kepastian, kalau hewan yang dikorbankan dalam kondisi sehat secara keseluruhan,” ungkap dia.

Setelah dilakukan pemriksaan, tempat penjual hewan kurban musiman ini kemudian diberi lebel oleh Dinas Pertanian bahwa hewan yang kurban sehat dan layak dijual. Pemberian label ditempatkan pada spandul penjualan dan tanda pada leher hewan kurban.

Sementara itu, Drh Utami Kurniawati, Dokter Hewan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Batu menambahkan, apabila diketahui adanya hewan yang terkena penyakit yang membahayakan dan tidak layak potong, maka langsung dimusnahkan.

“Memang ditemukan, ada hewan yang terkena sakit mata. Ini langsung kami tangani dengan memberikan antibiotik,” tandas dia.

Untuk itu, Utami menghimbau kepada masyarakat yang hendak membeli hewan kurban, indikasi yang paling mudah untuk memilih hewan kurban adalah lincah. Dan, sebaiknya yang dipilih adalah hewan yang sudah ditandai Dinas Pertanian Kota Batu.

Seperti diketahui, tahun ini diperkirakan jumlah hewan kurban meningkat hingga 10 persen, direncanakan untuk pemeriksaan hewan kurban akan dilaksanakan hingga hari H, saat Hari Raya Idul Adha. Sebagai catatan, pemeriksaan hewan kurban tahun lalu, sejumlah 45 ekor sapi dan 480 ekor kambing.

 

 

 

 

 

 

Laporan Wartawan : Malaraya-Batu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed