oleh

Kapolres Tulungagung Lakukan Pemeriksaan Senjata Api Inventaris Bagi Personel Polres

TULUNGAGUNG – Dalam hal penegakan disiplin anggota Polri di Polres Tulungagung jajaran yang salah satunya adalah ketertiban, pemeliharaan dan prosedural dalam hal memegang senjata api dinas Polri, maka Propam Polres lakukan pemeriksaan senjata api milik dinas yang dipinjamkan kepada anggota pada hari Rabu (03/03/2021).

Bertempat di halaman GOR Lembupeteng, Polres Tulungagung melakukan pengecekan senjata api (senpi) anggotanya. Sebanyak 259 personil yang terdiri dari Sabhara, Polsek jajaran, Satlantas, Satreskrim, Sat Intelkam dan Sat Narkoba pemegang senpi diperiksa petugas. Dari hasil pemeriksaan tersebut didapati ada sebanyak 24 pucuk senpi harus ditarik karena adanya berbagai hal, diantaranya terkait surat izin pinjam pakai sudah habis dan dari hasil tes psikologi terakhir ada yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Dalam giat pemeriksaan ini dihadiri oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto bersama PJU dan pemeriksaan dipimpin langsung oleh Kasi Propam Polres Tulungagung Ipda Danang Tri.

Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto melalui Kasubbag Humas IPTU Tri Sakti saat dikonfirmasi mengatakan ,pemeriksaan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi adanya penyalahgunaan senpi yang dilakukan anggota Polri.

“Pemeriksaan ini kita lakukan guna mengantisipasi munculnya kasus penyalahgunaan senpi oleh anggota Polri. Ada 24 senpi sementara ditarik dari pemegangnya,” ujar Tri Sakti.

Pemeriksaan meliputi beberapa hal antara lainnya terkait surat-surat kelengkapan dan kebersihan senpi yang dibawa anggota Polres Tulungagung beserta Polsek jajaran.Satu per satu personel diwajibkan menunjukkan senpi yang mereka bawa kepada tim pemeriksa. Tujuannya adalah untuk memastikan senpi dinas atau yang dipegang anggota siap pakai.

“Pemeriksaan meliputi kondisi fisik dan administrasi. Hal itu agar kepemilikan senjata ini jelas dan terinventarisir dengan baik. Sebanyak 24 pucuk (senpi) yang kita tarik, dari anggota,” ungkap Tri Sakti.

Tri Sakti juga menambahkan, maksud dan tujuan dilakukannya penegakan disiplin ini, adalah sebagai pengawasan Internal Polri dalam prosedural pemegang atau penggunaan senjata api dinas, jangan sampai terjadi pemeliharaan yang sembarangan serta mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api oleh Anggota Polri.

“Kami berharap pemegang senpi selalu waspada dan tidak ceroboh. Baik saat membawa maupun menggunakannya. Jangan gunakan senpi untuk hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun kesatuan, pemeriksaan ini selain mengantisipasi penyalahgunaan senpi oleh anggota juga diharapkan bagi setiap anggota Polres Tulungagung yang membawa senpi bisa menggunakannya secara profesional tentunya sesuai SOP (standart operasional prosedur), “pungkas Tri Sakti.*(Cristian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed