oleh

KONI Kota Batu Berikan Perlindungan Atletnya Dengan BPJS Ketenagakerjaan

DimensiNews.co.id, BATU-Untuk meningkatkan prestasi olah raga, tahun ini atlet dari semua cabang olahraga Kota Batu, Jawa Timur mendapatkan jaminan kecelakaan kerja hingga kematian.
Hal ini dibuktikan, dalam peringatan Haornas 2020 tahun ini, KONI Kota Batu melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan yang disaksikan langsung oleh Wali Kota dan Wawali Kota Batu.
“Dalam rangka Haornas ini KONI bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan menandatangani MoU untuk bisa memfasilitasi atlet supaya bisa terlindungi, ini sesuatu yang luar biasa,” kata Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko yang didampingi Wawali Kota Batu, Punjul Santoso, Rabu (9/9/2020).
Sedangkan, lanjut dia, penandatanganan MoU itu bertujuan supaya atlet bisa berlatih dan bersemangat lagi untuk berprestasi. “Mudah-mudahan, dengan adanya tambahan fasilitas ini bukan hanya atlet, tetapi KONI lebih bersemangat untuk bisa mencetak atlet berprestasi,” ujar Dewanti.
Sementara, Ketua Umum KONI Kota Batu, Mahfud menjelaskan bahwa kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan tersebut untuk memberikan perlindungan jaminan kecelakaan kerja maupun kematian bagi atlet juga pelatih.
“Kami menganggap atlet dan pelatih adalah satu profesi, dimana pekerjaan melatih dan bertanding. Sehingga, ketika kita komunikasikan dengan BPJS Ketenagakerjaan ternyata itu bisa dilindungi, lalu kita daftarkan,” terang dia.
Sedangkan untuk atlet yang mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan, disebutkan olehnya, untuk sementara atlet yang tergabung dalam Puslakot menghadapi Porprov. Namun, program itu tidak berhenti sampai disitu dan akan berkembang sampai selesai Porprov.
“Anak-anak yang kita jaminkan masih terus berkembang, sekarang masih ring satu dan Oktober nanti masuk ring dua dengan tambahan sekitar 125 atlet. Dan, sekarang ini yang terdaftar 36 atlet tetapi yang masih terkirim 32 atlet dari 12 cabor. Untuk pelatihnya 12 orang karena ada yang memakai asisten,” bebernya.
Saat ditemui, dari pihak BPJS Ketenagakerjaan, Imam Santoso, berharap bukan hanya atlet saja yang mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan tetapi seluruh unsur profesi kegiatan yang ada di Kota Batu.
“Untuk persyaratannya hanya KTP yang diberikan kepada kami, dan atlet ini kita berikan dua program yaitu kecelakaan kerja dan kematian,” pungkas dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed