oleh

Misteri Keberadaan Kera Bernuansa Mistis di Makam Ngujang Tulungagung

DimensiNews.co.id, TULUNGAGUNG- Misteri kera-kera Ngujang yang ada di makam Desa Ngujang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa timur, memiliki cerita mistis yang sampai sekarang masih banyak diyakini oleh warga sekitar dan bahkan masyarakat di luar daerah Tulungagung.

Juru kunci di makam Desa Ngujang, Ribut Ngatenan mengatakan, wilayah di sekitar makam pernah menjadi petilasan oleh Sunan Kalijaga.

“Dulu ceritanya di sini itu sebenarnya yang ada bahasa jawanya petilasan (tempat yang pernah dibuat istirahat/persinggahan) oleh Sunan Kalijaga. Petilasan di sini berbentuk batu yang sudah diyakini oleh masyarakat sekitar sini bertahun-tahun lamanya,” katanya.

Menurut Ribut Ngatenan yang telah  menjadi penjaga makam Ngujang  selama 21 tahun itu, keberadaan kera-kera di sekitar makam itu memiliki sejarah dibaliknya.

Dari yang ia dengar dari para leluhurnya, ada 3 versi sejarah terkait hal itu.

“Poin pertama konon katanya waktu dulu Sunan Kalijaga pernah singgah ke tempat ini dengan memberikan wejangan bahasa jawanya (amalan) pada muridnya (santrinya) saat itu ada suara kera (nguk nguk) saat mejang (memberi amalan). Saat itu juga sunan kali jaga bersabda ‘suatu hari kalau jaman sudah berubah ramai akan saya beri nama Desa Ngujang’, ” ujar Ribut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed