by

KPAI Sebut Berenang dengan Lawan Jenis Bisa Sebabkan Kehamilan, Ini Penjelasan Dokter Kandungan

DimensiNews.co.id, JAKARTA- Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) angkat bicara mengenai heboh dan viralnya pernyataan Komisioner KPAI Sitty Hikmawatty yang menyebut wanita berenang di kolam renang bersama pria bisa hamil. PDIB menyebut pernyataan Sitty hoax.

“Wanita bisa hamil karena berenang di kolam renang bersama laki-laki adalah pernyataan yang kabur dan keliru, bahkan berbau hoax,” kata Ketua Umum PDIB James Allan Rarung yang juga dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Senin (24/2/2020).

James mengatakan akan terjadi kehamilan jika prosesnya adalah terjadinya hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan, dan kehamilan itu terjadi setelah pengeluaran cairan mani yang mengandung spermatozoa atau sel sperma masuk ke alat kelamin perempuan.

James juga menuturkan jika spermatozoa tercampur dengan bahan lain misalnya air kolam renang yang mengandung klorin atau air yang tercampur bahan kimia lain, tentu saja lebih cepat rusak dan mati. Jika berada di luar tubuh, sel sperma tidak memiliki kemampuan untuk bergerak cepat di luar cairan spermanya.

“Spermatozoa hanya dapat hidup di dalam cairan mani atau juga disebut ‘semen’. Tentu saja apabila cairan ini mengering atau komposisi cairan ini berubah, misalnya bercampur dengan air kolam renang, maka spermatozoa akan langsung mati,” jelas James. (Ester)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed