by

Terkait Permintaan Komisi I DPRK, DPMDPP-KB : Kita Tidak Bisa Intervensi Dana Desa

DimensiNews.co.id – ACEH UTARA – Anggota DPRK Aceh Utara dari Komisi I meminta agar instansi terkait untuk mensetarakan dana Bimbingan dan Teknis (BIMTEK) setiap desa agar lebih seragam dan mudah diawasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMPP-KB) Aceh Utara Fakhruradhi, SH, Selasa (14/1) kepada DimensiNews.co.id mengatakan, semua Kabupaten/Kota tidak memimiliki kewenangan terlalu jauh untuk melakukan intervensi atau pengaturan dana desa.

“Karena setiap desa yang merencanakan sendiri serta melaksanakan sendiri sesuai hasil Musrenbangdes dan dinikmati sendiri hasil pembangunan oleh masyarakat yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD),” tegasnya.

Ia juga menjelaskan terkait dana Bimtek desa yang tidak sama antara desa dengan desa lainnya karena jumlah perangkat desa atau “Tuha Puet” berbeda dengan desa lainnya.

Karena semakin luas dan banyak penduduk di satu desa maka jumlah perangkat desa pun bertambah, maka amggaran Bimtek desa juga ikut semakin banyak jumlahnya.

Fakhrurdhi, SH

Terkait setoran dana Bimtek dari setiap desa itu tidak pernah disentuh oleh pihak mana pun baik itu pihak kecamatan maupun dinas di Kabupaten, karena dana Bimtek langsung diserahkan oleh masing-masing kepala desa kepad pihak penyelenggara Bimtek. Ujarnya.

“Kita juga sudah menyampaikan klarifikasi kepada dewan terkait persoalan dana Bimtek yang tidak bisa disetarakan di seluruh desa karena faktor luas dan jumlah penduduk di setiap desa dan pihak dewan sendiri sudah memakluminya,” ungkap Kelala DPMPP-KB Aceh Utara Fakhruradhi, SH. (Halim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed