by

Seluruh Partai Politik Lama Diverifikasi Faktual KPUD Purwakarta

DimensiNews.co.id – Purwakarta

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Purwakarta melakukan verifikasi faktual ke sejumlah partai politik peserta pemilu 2018, Komisioner dan anggota KPUD serta Panwas Purwakarta mendatangi masing-masing kantor sekretariat seluruh partai politik.

Komisioner KPUD Purwakarta, Ade Nurdin mengatakan verifikasi faktual partai politik ini didasari perintah UU dan putusan Mahkamah Konstitusi. “Seluruh partai politik calon peserta pemilu 2019 harus diverifikasi faktual, baik kepengurusan maupun keanggotaan. Jadi ini adalah amanah undang undang dan putusan MK,” jelas Ade disela-sela verifikasi faktual di kantor DPC Demokrat Purwakarta, Rabu (31/1/2018).

Ia menambahkan, hal penting verifikasi faktual ini adalah kepengurusan dan keanggotaan. “Kepengurusan ada tiga hal, tentang kebenaran adanya pengurus disesuaikan dengan SK dari DPP, keterwakilan 30% perempuan dan keberadaan letak kantor atau sekretariat,” terangnya.

Menurutnya, tata cara verifikasi faktual ini juga lebih mudah, dimana dilakukan dikantor sekretariat masing-masing partai politik. “Kalau sebelumnya verifikasi faktual itu door to door, sekarang ada keringanan berdasarkan Peraturan KPU. Anggota partai politik itu bisa dikumpulkan dikantor sekretariat yang bersangkutan, kemudian ditemui dan disinkronisasikan dengan data yang ada,” katanya.

Ditempat yang sama. Ketua DPC Partai Demokrat Purwakarta, Toto Purwanto mengatakan verifikasi faktual oleh KPUD terkait keanggotan partai Demokrat Purwakarta. “Verifikasi faktual ini adalah tindaklanjut dari Putusan MK, bahwa verifikasi faktual harus dilakukan oleh partai baru maupun partai yang lama,” ujarnya.

Menurutnya, Ada beberapa hal yang diverifikasi, yakni kesesuaian keanggotaan yang terdaftar di SIPOL. “Verifikasi tanda anggota, kartu anggota, KTP dan keterwakilan perempuan sebanyak 30%. Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Demokrat Purwakarta lengkap, tersebar diseluruh 17 Kecamatan,” pungkasnya. (rom)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed