by

Inilah 5 Tempat Berselancar Dengan Ombak Terganas Di Dunia

DimensiNews.co.id JAKARTA – Bagi para peselancar di seluruh dunia, kebahagiaan justru mereka rasakan saat menemukan tempat berselancar dengan ombak ganas yang siap menggulung. Karenanya tak usah heran, jika para peselancar acap berburu lokasi-lokasi berselancar dengan ombak terganas, di seluruh dunia. Dan inilah tempat berselancar dengan ombak terganas di dunia.

1. Cyclops/ Australia

Terletak di lepas pantai Esperance Australia Barat, seperti namanya Cyclops berarti monster raksasa bermata satu. Keberadaan gelombang besar yang keluar dari air yang dalam, menghasilkan ombak yang ganas dan ekstrim setinggi 7 kaki yang siap menggulung para peselancar, yang menanti datangnya ombak. Dengan kata lain, Cyclops layak didapuk sebagai ombak paling mematikan di bumi Australia. Selain harus berjibaku dengan ganasnya ombak, para peselancar di pantai Esperance juga harus berhati-hati dengan banyaknya terumbu karang tajam di bawah permukaan air. Dan ancaman mematikan lainnya datang dari hiu besar yang mendiami perairan ini.

2. Teahupoo/ Tahiti

Teahupoo adalah sebuah desa di pantai selatan – barat pulau Tahiti, Polinesia Prancis, di selatan Samudera Pasifik. Pantai ini menjadi salah satu tujuan favorit para peselancar dunia, antaran ganasnya gelombang ombak di sini. Selain ombak yang rata-rata memiliki ketinggian 2 hingga 3 meter atau 7 hingga 10 kaki, pantai Teahupoo juga dipenuhi terumbu karang tajam yang setiap saat bisa melukai tubuh para peselancar. Namun anehnya, justru bahaya inilah yang membuat para peselancar tergila-gila bergulat dengan ombak pantai Teahupoo yang sewaktu-waktu ketinggiannya bahkan bisa mencapai 70 kaki.

3. Shipstern Bluff/ Tasmania Australia

Pantai Tasmania Australia, adalah lokasi berselancar dengan ombak super besar yang sudah begitu dikenal para peselancar dunia. Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi paling liar dan berbahaya di dunia, dengan ombaknya yang sangat terkenal The Shipstern Bluff. Lokasi ini juga dikenal sebagai titik setan bagi para peselancar, karena menyuguhkan gelombang ombak yang sangat tinggi dan mengerikan yang siap menerkam para peselancar yang nekat beraksi di atasnya.

4. Dungeons/ Cape Town Afrika Selatan

Benua Afrika khususnya Afrika Selatan, dikenal memiliki perairan yang berbahaya dengan gelombang ombak raksasa. Dan di antara banyaknya tempat yang memiliki gelombang ombak raksasa ini, pantai Cape Town bisa dibilang sebagai rajanya. karena di pantai ini, terdapat sebuah ombak melegenda yang disebut The Dungeons. Ombak ini disebut The Dungeons atau penjara bawah tanah, karena memiliki ketinggian ombak yang sangat luar biasa bisa mencapai belasan meter, sehingga membuat para peselancar seolah terpenjara di dalamnya. Ancaman lainnya datang dari koloni para hiu yang sering terlihat ikut tergulung bersama dengan ombaknya.

5. Pipeline/ Oahu Hawaii

Terletak di wilayah sebelah Utara Pesisir Pantai Oahu. Hawaii, Banzai Pipeline merupakan sebutan bagi ombak paling mematikan di dunia yang memegang rekor sebagai ombak dengan korban jiwa terbanyak di dunia. Banzai Pipeline juga acap disebut sebagai ombak penipu, lantaran bukan ombak yang memiliki ketinggian yang luar biasa. Ancaman kematian dari ombak ini justru datang dari daya tekan ombak yang amat kuat, yang datang dari dasar laut. Akibatnya, muncul ombak dengan gulungan yang dahsyat yang akan mendorong para peselancar ke dasar laut yang berkarang. (DN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed