by

Bareskrim Polri Bongkar Sindikat Pemalsu Uang Senilai Rp 190 Miliar

DimensiNews.co.id JAKARTA – Direktorat Tindak Pidana Ekonomis Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri membongkar sindikat pembuat uang palsu. Ribuan lembar uang palsu mata uang berbagai negara disita petugas.

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, mata uang yang dipalsukan dari negara-negara di Asia dan Eropa. Alat yang digunakannya pun tergolong sudah canggih.

“Ini dengan menggunakan alat cetak yang cukup canggih, beratnya sekitar tiga ton, artinya kualitas uang palsu ini mendekati sempurna. Dia juga menggunakan plat uang ini yang sudah seperti hampir yang sebenarnya,” ujar Dedi, di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2019).

Wadir Tipideksus Bareskrim Polri Kombes Pol Helmy Santika menjelaskan, 10 orang tersangka ditangkap dalam kasus ini. Mereka ditangkap di Jakarta, Bandung dan Jawa tengah selama Juni hingga Agustus 2019.

Kesepuluh tersangka berinisial N, BD, M, TR, JH, SM, CH, L, AH, dan H. Enam tersangka terakhir ditangkap di Jakarta dan Bandung dan kedapatan membuat uang palsu berbagai negara.

“Kami amankan enam orang tersangka dan barang bukti uang Rupiah dan Dollar Singapura, juga pecahan uang Kazakhtan dan Poundsterling,” ucapnya.

Secara keseluruhan, polisi berhasil menyita sekitar 2.000 lembar uang palsu berbagai mata uang. “Kalau dilihat dari jumlahnya, ini kalau dinilai ke rupiah, Rp 190 miliar semuanya,” ungkapnya.

Saat ini polisi masih mendalami motif pelaku membuat dan mengedarkan uang palsu tersebut, termasuk target pemasarannya. Tersangka dijerat pasal 36 ayat 2 undang-undang nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang dan Pasal 244 KUHP dengan ancaman maksimal 15 tahun.(Jie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed