oleh

Dinas Perpustakaan Hadirkan Penulis dan Duta Baca Indonesia di Aceh Utara

ACEH UTARA – Dalam kegiatan yang bertajuk Peningkatan Budaya Baca dan Literasi Masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara menghadirkan dua penulis selaku narasumber yang berlangsung, Kamis (25/11) di Aula Gedung Panglateh, Lhoksukon.

Kedua narasumber itu adalah Gol A Gong seorang novelis, pendiri komunitas baca Rumah Dunia dan Herman RN juga seorang cerpenis dan dosen Sastra dan Bahasa Indonesia Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh).

Mewakili Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, Staf Ahli Bidang Keistimewaan, Kemasyarakatan dan SDM Halidi, SSos, MM dalam kata sambutannya mengajak masyarakat terus memperkuat minat baca untuk menopang potensi diri dalam rangka pengembangan SDM.

“Gunakan ruang perpustakaan dan teknologi informasi yang setiap saat bisa diakses di mana saja dan kapan saja, ini penting untuk mencerdaskan anak bangsa menyongsong hari depan yang gemilang,” ungkap Halidi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara Saifullah, MPd juga mengatakan kegiatan ini turut menghadirkan penulis Gol A Gong yang merupakan Duta Baca Indonesia.

“Sosok beliau sangat inspiratif untuk menjadi motivator dalam membangkitkan kegemaran membaca dan mengampanyekan pembudayaan kegemaran membaca dan membumikan literasi informasi secara masif ke seluruh penjuru Nusatara,” kata Saifullah.

Gol A Gong adalah penulis nasional yang telah menerbitkan banyak novel, di antaranya serial Balada si Roy (1990) yang sangat digemari oleh remaja, Labirin Lazuardi (2007), Pada-Mu Aku Bersimpuh (2000), dan Cintamu Seluas Samudera (2008).

Sedangkan Herman RN, selain sebagai dosen pada Prodi Sastra dan Bahasa Indonesia USK Banda Aceh, juga dikenal seorang cerpenis nasional. Buku kumpulan cerpen Herman RN adalah Pembunuh Ketujuh. Buku tentang ilmu jurnalistik buah karya Herman RN adalah Jurnalistik Praktis. Herman RN juga pernah menetap di Thailand selama menjadi dosen tamu di perguruan tinggi di sana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed