oleh

Presiden Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Smelter PT. Freeport di Gresik

GRESIK – Presiden RI Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangungan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (KEK JIIPE) Kabupaten Gresik, Selasa (12/10/2021).

Orang nomor 1 di Indonesia itu didampingi Menteri BUMN Erick Tohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan rombongan. Rombongan RI 1 tiba setelah bertolak dari Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma menaiki pesawat kepresidenan.

Dijelaskan, Smelter PT Freeport Indonesia ini dibangun dengan desain single line terbesar di dunia. Karena mampu mengolah hingga 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

Smelter tersebut berdiri di atas lahan seluas 103 hektar. Dengan nilai investasi yang fantastis, yakni USD 3 miliar atau setara dengan 42 triliun rupiah.

Kehadiran Smelter ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi industri atau investor lain. Sehingga mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

“Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di kawasan ekonomi khusus di Gresik ini akan menjadi daya tarik bagi industri – industri lain untuk masuk ke sini. Khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi di sini,” kata Jokowi.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, SH, SIK, MSi., mendukung pembangunan smelter PT. Freeport di kota pudak. Pihaknya siap menjamin keamanan terkait kamtibmas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed