oleh

Bupati Dan Wabup Kabupaten Oku Selatan Ikuti Rakor Bersama Presiden Jokowi Secara Virtual

OKU SELATAN – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., didampingi Wakil Bupati OKU Selatan, Sholehien Abuasir, S.P., M.Si, bersama Forkompinda dan perwakilan DPRD Kabupaten OKU Selatan mengikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2020 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo secara virtual di Ruang Vidcon Diskominfo OKU Selatan, Rabu (14/04) siang.

Menteri dalam Negeri, Tito Karnavian dalam laporannya menyebut, pada 2020 total daerah yang melaksanakan pilkada sebanyak 270 dengan rincian 9 Pemilihan Gubernur, 224 Bupati, dan 37 Walikota. Tito juga menjelaskan bahwa pelaksanaan seluruh pilkada di masing-masing daerah ini berjalan lancar dan tak hanya itu, kemunculan klaster penularan COVID-19 dalam Pilkada ini juga sangat minim bahkan beberapa di antaranya terjadi penurunan zonasi.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang kuat dan Pemerintah juga telah berkomitmen untuk menegakkan demokrasi bersama dengan menjaga kesehatan masyarakat.

Mengawali arahannya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada para kepala Daerah terpilih. Menurutnya, jabatan ini merupakan suatu kehormatan dan juga sekaligus sebagai tanggungjawab yang besar dan berat.

Untuk itu, Presiden Jokowi menegaskan agar para kepala daerah ini harus berani berimovasi dan tak sekadar menjalankan rutinitas. Kepala daerah harus berorientasi pada hasil dan bekerja secara cepat serta tepat.

Dia juga menghimbau agar kepala daerah terpilih dapat membuat kebijakan yang fokus dan menentukan skala prioritas sehingga alokasi anggaran lebih fokus dan lebih terkonsentrasi. “Buat 1, 2 atau 3 saja kegiatan besar yang anggarannya dikonsentrasikan ke sana sehingga hasilnya bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat. Misakan sekolah, seluruh sekolah di kabupaten saya harus bagus,” ujarnya.

Menurutnya, kepala daerah harus pandai mengelola APBD, karena APBD ini dapat men-triger serta memberi pertumbuhan ekonomi. “Usahakan agar belanja anggaran pembangunan, modal itu lebih besar dari aparatur,” katanya.

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa saat ini Indonesia masih fokus pada pemulihan ekonomi dan kesehatan, sehingga tugas kepala daerahlah untuk mengelola hal ini dengan baik. “Jangan sampai terlalu mendahulukan ekonomi sehingga melupakan aspek kesehatan. Jangan sampai tergesa-gesa, buka ini secara bertahap, lakukan PPKM mikro agar menumbangkan kasus yang ada, lakukan juga sosialisasi dan penegakkan protokol kesehatan hingga harus mendukung penuh program vaksinasi,” tegas presiden.

,”Lanjutnya, ketika PPKM berjalan, protokol kesehatan berjalan baik serta vaksinasi berjalan baik dengam sasaran jelas, pemulihan kesehatan bisa segera tercapai. Di bidang ekonomi, Presiden Jokowi berpesan agar tidak menghambat investasi, karena hal ini dapat membuka lapangan kerja.

Dalam rapat koordinasi virtual ini,”juga dilakukan pengarahan oleh sejumlah manteri seperti Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Bidang Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani,serta Menteri Kesehatan,

Sementara itu, sebagaimana yang diketahui pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten OKU Selatan pada 2020 lalu,berjalan aman, damai dan kondusif, serta kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih telah dilantik oleh Gubernur Sumsel pada Februari 2021 lalu,dan juga mendapatkan program Muri.**BG

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed