by

Menyedihkan, Tempat Rapat Pleno DPTHP-3 KPU Tak Layak

(Dari Kanan) Kadisdukcapil, Kepala Kesbang, (no 2 kiri pakai peci hitam) Ketua KPU Palas.

DIMENSINEWS.CO.ID – PADANG LAWAS.

KPU Palas menggelar kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke-3 (DPTHP-3) pada Selasa (02/04). Namun kegiatan tersebut dinilai kurang efektif.

Berdasarkan pengamatan DimensiNews di lokasi, dalam kegiatan yang digelar di kantor KPU Palas tersebut terlihat kondisi ruangan yang kurang efisien. Padahal dalam rapat dihadiri jajaran KPU, Bawaslu, serta perwakilan Partai Politik (Parpol) dan Kadisdukcapil dan Kepala Kesbang Palas.

Acara DPTHP-3 dilaksanakan dengan kondisi yang minim, dan saat acara rapat berlangsung diguyur hujan hingga membasahi bagian depan kantor KPU tempat peserta rapat, terlihat beberapa peserta terpaksa berhamburan keluar dari forum dikarenakan karena takut basah. Ditambah lagi dengan situasi lampu yang terus mengalami gangguan, sehingga terlihat banyak peserta yang kurang nyaman untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Liber S, masyarakat setempat agak bingung melihat situasi rapat. Kepada DimensiNews ia mengatakan, “Saya mendengar kegiatan ini adalah rapat pleno DPTHP Ke 3, namun mengapa diadakan di kantor KPU, apa tidak terlalu sempit untuk para undangan peserta rapat? Mengapa tidak digelar di aula hotel atau gedung, sehingga peserta rapat nyaman dalam mengikuti kegiatan”, ungkapnya bertanya sembari bingung melihat kondisi ruangan yang menurutnya tidak layak untuk dilaksanakan rapat pleno DPTHP-3 yang di kantor KPU Palas.

Sekertaris Disdukcapil Palas, Addelin saat dikonfirmasi DimensiNews mengatakan, pihaknya dalam mengikuti kegiatan ini sudah untuk ketiga kalinya, namun untuk dua kali sebelumnya di adakan di aula hotel dan otoritas KPU dalam menyediakan tempat untuk kegiatan ini.

“Saya sudah ketiga kalinya mengikuti acara ini, memang dua kali itu dilaksanakan di aula hotel, kalau untuk kegiatan saat ini ya itukan otoritas KPU dalam menyediakan tempat, dan tergantung bagaimana peserta dalam menanggapinya, sedangkan mengenai keadaan saat acara, ya itukan situasional.” Kata Addelin.

Demikian juga yang dialamai salah satu peserta lain yang mana pihaknya harus beranjak dari acara tersebut dikarenakan terkena tembiasan hujan.

“Iya terpaksa pindahlah bang, kalau kita bertahan di sana kena tempiasan hujan ya basahlah bang.” Ungkapnya.

Suasana awal acara DPTHP-3 oleh KPU Palas Di Kantor KPU, Jalan Listrik Sibuhuan, Selasa (02/04)
Suasana acara DPTHP-3 oleh KPU Palas di Kantor KPU ketika turun hujan.

Kepala Kesbang Palas, Gojali Siregar tidak dapat dimintai tanggapannya mengenai kegiatan, pasalnya pejabat tersebut mendadak tidak kelihatan meski diketahui acara belum sepenuhnya usai, saat di telfon maupun di sms juga tidak menjawab.

Usai kegiatan KPU menggelar rapat tertutup dengan PPK, “Sebentar dulu ya, rapat internal KPU.” Kata salah satu pejabat KPU sembari memerintahkan para staf yang ada untuk menutup gerbang KPU. Sedang staf yang lain terlihat sedang membagikan selebaran Run 3 Km KPU Palas terhadap peserta yang berada di luar kantor tersebut.

Adapun tujuan acara DPTHP-3 adalah menetapkan dan memverifikasi DPT tingkat Kabupaten yang diikuti jajaran KPU serta sejumlah perwakilan dari para Parpol.

Ketua KPU Palas, Indra Syahbana Nasution SH MH belum dapat di konfirmasi mengenai mengenai berbagai permasalahan tersebut karena sedang rapat. Padahal reporter ingin menanyakan dugaan mark’up di beberapa anggaran kegiatan KPU ini. (R9)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed