by

Menyongsong Rakerda DWP Halteng Gelar Kuker


DimensiNews.co.idHALMAHERA TENGAH.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Halmaherah Tengah (Halteng) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (8/11/2017) melakukan kunjungan kerja (kuker) ke DWP UP Kecamatan Weda Selatan dalam rangka untuk mengevaluasi program kerja DWP UP Kecamatan Weda Selatan menyongsong Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DWP Halteng dan Sosialisasi Peran Perempuan dan Perlindungan Anak dalam pembangunan.

Kuker tersebut dipimpin langsung Ketua DWP Halteng, Ny. Hj. Amnah B. Amal, dihadiri Kepala Dinas PP dan PA Pemkab Halteng selaku Instansi Pembina Organisasi Perempuan Ny. Hj. Nurdjana Mandar Thaib, SE, M.SI, dan Pengurus DWP Kabupaten. Sementara Pengurus DWP UP Kecamatan Weda Selatan dan Weda dihadiri oleh masing-masing Penasehat, Ketua dan segenap Pengurus DWP Kecamatan.

Program Kerja tersebut dalam rangka mengevaluasi Kesekretariatan, Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya. Ketua DWP Halteng Hj Amnah B Amal dalam sambutan menyampaikan berbagai kegiatan yang telah silaksanakan sesuai dengan program kerja, baik kesekretariatan maupun bidang lainnya. Sementara dalam laporan Penasehat DWP Kecamatan Weda Selatan dan Weda menyampaikan program kerja yang dapat dilaksanakan maupun kendala yang dihadapi. Dari evaluasi yang telah dilakukan, keberhasilan program kerja yang dilaksanakan sangat diapresiasi oleh ibu Ketua DWP Halteng dan permasalahan yang dihadapai dapat dicarikan solusi sebagai pemecahannya.

Ketua DWP Halteng Ny. Hj. Amnah Basri Amal, juga berharap agar DWP UP Kecamatan terus berupaya untuk melaksanakan Program Kerja sesuai Visi Misi DWP, sehingga cita-cita mensejahterakan anggota dan keluarga serta masyarakat dapat terwujud. Selain itu, harus mengembangkan Dharma Wanita Persatuan sebagai Organisasi Modern berbasis data yang akurat dan up to date, serta mewujudkan Renstra Dharma Wanita Persatuan periode 2015-2019,” jelasnya.

DWP juga telah memiliki sistim laporan yang semakin baik yaitu telah  mewujudkan Bank Data/Data Center Dharma Wanita Persatuan yang bernama e_Reporting, yang berguna untuk pengembangan organisasi menuju Center of Excellent” diharapkan dengan adanya sistem e_Reporting unsur pelaksana DWP di Kabupaten dan UP Kecamatan dapat melaporkan setiap program kerja atau kegiatan yang telah dilaksanakan secara cepat dan up to date, karena laporan kegiatan dapat langsung diposting di kanal lppk.dwp.or.id atau dwp.or.id/laporan,” pintahnya.

“Melalui fasilitas e-Reporting kita juga dapat menghemat biaya, dikarenakan kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mencetak laporan, menjilid dan mengirim laporan ke pengurus DWP Provinsi dan Pusat.

Kepala Dinas PP dan PA dalam arahannya, Nurjana Mandar juga menyampaikan bahwa perempuan memiliki peran yang sangat luar biasa dalam membangun masyarakat. Sebagai Istri PNS, ada 5 fungsi yang melekat pada anggota DWP yaitu sebagai pendamping suami, sebagai penerus keturunan, sebagai anggota masyarakat, sebagai anggota organisasi dan sebagai pencari nafkah tambahan. Dengan demikian perempuan semestinya dapat memberdayakan dirinya di bidang ekonomi, sosial dan hukum dalam masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. Sebagai mitra kerja DWP dan Dinas PP dan PA dapat bersinergi dalam setiap program kerjanya terutama dalam memberdayakan keluarga, perlindungan terhadap perempuan dan anak dari kekerasan, pengembangan diri anak melalui berbagai pendekatan dan pendampingan terutama pendekatan sosial dan lingkungan,” terangnya.

Selanjutnya, kata Kadis, selaku Pembina Organisasi Wanita Kabupaten berharap agar organisasi wanita yang lain seperti PKK, Bhayangkari, Persit KCK, Asyiyah, IBI dan lain-lain juga dapat mengambil perannya dalam setiap kegiatan dengan mengajukan program-program kerjanya sehingga kita berjalan bersama dalam upaya memperkuat koordinasi antar pelaku pembangunan yang juga  merupakan tanggungjawab kita bersama selaku organisasi wanita yang merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah. Hasil Kegiatan Kuker ini memberikan gambaran umum sejauh mana program kerja dapat dilaksanakan dan permasalahan yang dihadapi oleh DWP UP yang lain,” ungkapnya. (Ode)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed