Dari Puskesmas Hingga Rumah Sakit Selalu Mendapatkan Pelayanan Terbaik Menggunakan JKN-KIS

Marhamah-Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD DKI Jakarta

 

 

DimensiNews.co.id JAKARTA – Marhamah (43) merupakan salah satu warga Kecamatan Tambora, Kota Administrasi Jakarta Barat yang antusias mendaftar sebagai peserta Program JKN-KIS. Marhamah mengaku pendaftaran kepesertaan sangat mudah dan tidak memberikan banyak persyaratan.

Dirinya dan keluarganya merasa bersyukur telah mendaftar program sebelum sakit dan membutuhkaan pelayanan kesehatan.

“Dulu tahun 2014, saya daftar JKN-KIS hanya menyerahkan KTP, KK, surat pengantar dari RT dan RW, serta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke Puskesmas Kecamatan terdekat. Itu pun jadinya juga tidak lama. Karena gampang, kami langsung mendaftar sekeluarga jadi jika sakit nanti kami tidak perlu bingung lagi,” ujar Marhamah mengawali ceritanya.

Pada tahun 2017, Marhamah mengaku dirinya merasakan nyeri pada lututnya. Berbekal JKN-KIS, ia pun memutuskan untuk berobat di Puskesmas. Ia mengatakan, pelayanan di Puskesmas tak kalah baiknya dengan pelayanan di rumah sakit yang pernah ia kunjungi.

“Selain tempatnya dekat dengan rumah kami, dokter di sana juga memberikan penanganan dengan cepat dan baik,” tutur Marhamah.

Tak disangka ternyata ia harus dirujuk ke Rumah Sakit Pelni untuk diperiksa lebih lanjut. Kemudian, Marhamah dimnta untuk melakukan terapi kurang dari seminggu setelah kunjungan pertamanya di Rumah Sakit Pelni.

“Pertama kali saya ke rumah sakit, dokter orthopedic memeriksa kaki saya dengan cara mengetuk bagian kaki saya yang mengalami pengapuran. Pada saat saya diminta kembali untuk melakukan terapi, dokter menggunakan alat listrik untuk melakukan terapi. Kunjungan terapi pun juga sudah dijadwalkan oleh dokter yang menangani,” kata Marhamah.

Marhamah menekankan bahwa dokter yang menanganinya saat itu sangat ramah padanya. Dari biaya rontgen, obat, sampai terapi Marhamah tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Marhamah merasa Program JKN-KIS merupakan program yang berguna bagi masyarakat dan layak untuk terus diperjuangkan.

“Semoga Program JKN-KIS bisa berlangsung selamanya,” ucap wanita ini penuh harap.

 

 

 

 

Laporan Wartawan : Hery

Editor.                       : Red DN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.