oleh

Sosialisasi Keluarga Tangguh di Kecamatan Rejotangan

DimensiNews.co.id, TULUNGAGUNG – Potret keluarga ideal adalah keluarga kecil yang secara operasional dapat menjalankan delapan fungsi keluarga, yaitu Agama, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi, serta Lingkungan.

Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, peran keluarga sangat menentukan kualitas bangsa, ini dikarenakan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang, menanamkan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian individu.

Namun, saat ini masih banyak ‘pekerjaan rumah’ bagi bangsa Indonesia dalam membangun ketahanan keluarga. Diantaranya masih banyaknya kekerasan, kenakalan remaja, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan pudarnya semangat nasionalisme.

Demikian yang disampaikan oleh Camat Rejotangan Agus Santoso ketika membuka kegiatan sosialisasi Keluarga Tangguh di aula Kecamatan Rejotangan, Rabu (21/10/2020) dihadapan Kepala Desa se Kecamatan Rejotangan dan didampingi jajaran Polsek serta Koramil.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa kenyataan saat ini yang sering kita temukan adalah adanya berbagai permasalahan sosial terutama kemiskinan, kerukunan dan keharmonisan antar warga masyarakat, menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian serius, dan menjadi masalah yang dirasakan pula oleh keluarga-keluarga Indonesia.

“Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang, menanamkan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian. Tempat belajar bagi anak dalam mengenali dirinya sebagai makhluk sosial, hanya keluarga ber-Ketahanan yang akan mampu menepis pengaruh negatif yang datang dari luar, “ungkapnya.

Diakhir sambutanya Agus berharap setelah kegiatan sosialisasi ini Kepala Desa kembali mensosialisasikan kepada perangkat serta tokoh masyarakat di desa masing-masing sehingga nantinya akan menghasilkan keluarga yang tangguh dan bahagia.

“Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat, sehingga dengan unit terkecil keluarga ini lah kita latih. Jika unit terkecil dari masyarakat ini kuat maka kelompok masyarakat pun akan kuat,” ujar Agus.

Cristian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed