oleh

Bupati Asahan Resmikan Pasar Rakyat Kedai Ledang

DimensiNews.co.id, ASAHAN – Berdasarkan permintaan masyarakat Kecamatan Kisaran Timur, Bupati Asahan meresmikan pasar rakyat yang berlokasi di wilayah Kelurahan Kedai Ledang, Rabu (23/9/2020).

Dalam kesempatan itu, tokoh masyarakat, Humaidi Syamsuri Pane mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan.

“Kami para pedagang pasar rakyat Kedai Ledang akan menjaga kebersihan dan keamanan lokasi pasar rakyat yang pada hari ini telah diresmikan,” ujarnya.

Selanjutnya, sebelum menyampaikan sambutannya, Bupati Asahan, Surya memberikan santunan kepada anak yatim, kaum dhuafa dan pinjaman dana bergulir kepada 35 orang secara simbolis.

Mengawali sambutannya, Bupati Asahan, Surya berharap agar seluruh masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Dijelaskannya, pembangunan pasar rakyat ini memiliki luas lebih kurang 1.878 M2 dengan ukuran pelataran seluas 28 × 10 M dan ukuran pelataran terbuka seluas 2 × 2,5 M sebanyak 40 unit.

Kemudian, ukuran pelataran meja seluas 2 × 2,5 M sebanyak 16 unit, ukuran kios 2 × 2,5 M sebanyak 9 unit, ukuran kamar mandi seluas 2,75 × 3,5 M sebanyak 2 bilik dan ukuran area parkir seluas 24 × 26 M sebanyak 40 unit.

Pasar tersebut nantinya di isi oleh 65 orang pedagang yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perdagangan dalam negeri, serta meningkatkan perekonomian masyarakat pada sektor perdagangan.

Ia juga berpesan kepada seluruh pedagang pasar rakyat Kedai Ledang untuk menjaga dan merawat pasar tersebut dengan baik dan berdagang dengan jujur.

Selain itu, kepada para peminjam dana bergulir, ia menyampaikan, dana pinjaman bergulir ini bukanlah bantuan atau hibah, melainkan dana pinjaman yang bersumber dari APBD Kabupaten Asahan yang tujuannya untuk membantu penguatan modal kepada koperasi dan usaha mikro.

Jadi, dana bergulir tersebut wajib dikembalikan sesuai dengan jadwal jatuh tempo pinjamannya, agar pelaku koperasi dan usaha mikro yang lain juga dapat menikmati manfaat dari dana pinjaman bergulir tersebut.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan, pasca dana pinjaman bergulir tersebut lunas, si peminjam juga dapat kembali mengajukan pinjaman baru.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan dan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi pasar rakyat tersebut. (AN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed