oleh

Waspada Macet, Puncak Arus Balik Idul Adha Diprediksi Hari Ini

DimensiNews.co.id, JAKARTA- Puncak arus balik Idul Adha 2020 ini diprediksi terjadi hari ini, Minggu (2/8/2020). Arus balik ini berpotensi mengakibatkan kemacetan. Oleh sebab itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono, mengimbau para pemudik untuk bisa mengantisipasi kondisi ini dalam perjalanan balik.

“Kami khawatir kalau para pemudik tidak bisa menyesuaikan kondisi di lapangan, kemacetan tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, pulang balik lebih awal akan lebih baik. Dan perjalanan pun akan lebih nyaman,” kata Istiono, dalam keterangannya di Jakarta pada Minggu (2/8).

Dia mengimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik bisa mengatur perjalanan dan menyesuaikan waktu. Hal ini untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas.

Lantaran Indonesia masih dalam masa pandemi Covid-19, masyarakat wajib menjaga protokol kesehatan dan memperhatikan imunitas tubuh. Selain itu tindakan-tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan, wajib dilakukan.

Istiono menambahkan, pihaknya siap mengantisipasi lonjakan arus balik yang diperkirakan akan terjadi hari ini. Tim pengaman Idul Adha akan dikerahkan ke titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan.

“Insya Allah kami dengan stake holders terkait siap untuk mengantisipasi arus balik”, ujarnya.

Di sisi lain, Istiono menyatakan bahwa rest area akan ditutup apabila sudah penuh tiap dua jam. Selain itu, juga perlu dilakukan patroli secara terus menerus agar tidak ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol.

Menurutnya, kepada para pemudik apabila merasakan kelelahan dan kecapekan untuk segera istirahat di rest area.

“Jangan memaksakan diri untuk terus jalan. Keselamatan adalah hal yang utama,” tutur Istiono.

Sekadar diketahui, jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali pada Idul Adha 2020 ini diperkirakan meningkat hingga mencapai 40 persen dibanding tahun lalu. Namun demikian, secara umum arus lalu lintas ramai lancar dan terkendali. Antrean kendaraan di gardu tol juga normal.

(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed