oleh

Perjuangan Personil Polri Dalam Memadamkan Kebakaran Lahan Patut di Apresiasi

DimensiNews.co.id, LHOKSEUMAWE – Perjuangan personil TNI/Polri dan petugas pemadam kebakaran yang berhasil memadamkan kebakaran lahan yang mencapai 5 hektar di Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Senin (13/7) patut diberikan apresiasi.

Kebakaran lahan ilalang seluas 5 hektar itu sangat berdekatan dengan SPBU Blang Panyang, lokasi wisata Bukit Goa Jepang dan permukiman penduduk, sehingga menimbulkan kepanikan warga yang berdekatan dengan lokasi kebakaran itu dan api berhasil dipadamkan, Senin (13/7) tengah malam.

Kesiapan personil dalam memadamkan kebakaran lahan ilalang di perbukitan Blang Panyang itu tidak terlepas dari kegiatan apel kesiapsiagaan yang pernah dilakukan oleh TNI/Polri, Pemda dan masyarakat di Lapangan Hiraq Lhokseumawe beberapa waktu yang lalu.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, S.I.K, MH, saat dikonfirmasi DimensiNews.co.id, Selasa (14/7) mengatakan, personil TNI/Polri, petugas damkar dan masyarakat telah bekerja keras untuk memadamkan kebakaran lahan di perbukitan Blang Panyang.

“Perjuangan personil di lokasi kebakaran lahan itu patut diberikan apresiasi yang luar biasa karena telah berusaha untuk memadamkan api hingga tengah malam,” katanya.

Belajar dari kasus karhutla itu, apel kesiapsiagaan yang pernah kita lakukan beberapa waktu yang lalu untuk mengecek kesiapan personil dan damkar yang akan digerakkan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Kesiapan personil dan damkar menjadi faktor utama dalam upaya untuk memadamkan kebakaran lahan yang terjadi kapan saja dan dimana saja,” tegas Eko Hartanto.

Pada Juli 2020, di Kota Lhokseumawe telah terjadi beberapa kasus kebakaran besar, diantaranya kasus kebakaran Aspol Polsek Dewantara, kebakaran Pasar Inpres, dan kasus kebakaran lahan dan kebakaran lahan itu menjadi kasus karhutla yang pertama terjadi di Lhokseumawe.

Agar kasus karhutla itu tidak terjadi lagi, jajaran Polres Lhokseumawe tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pemilik lahan dan korporasi untuk tidak melakukan pembakaran lahan sembarangan.

“Kami mohon kepada masyarakat dan semua pihak untuk terus bekerjasama dalam mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Lhokseumawe,” pintanya.

Kapolres Lhokseumawe itu juga meminta kepada masyarakat jika ada informasi atau melihat ada yang sengaja membakar hutan untuk membuka lahan untuk segera dilaporkan kepada aparat kepolisian terdekat untuk ditindak tegas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed