by

Sosialisasi ‘Physical Distancing’, Anggota Dewan Ini Bagikan Antiseptik dan Masker 

DimensiNews.co.id, TANGERANG- Sejumlah warga di RW 04 Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang, dikejutkan dengan hadirnya sejumlah kader PDI-Perjuangan untuk melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (25/3/2020).

Bukan hanya melakukan penyemprotan, pada kesempatan tersebut sejumlah Kader PDI-P mengetuk pintu warga untuk membagikan cairan pembersih tangan antiseptik kepada warga.

Disamping itu, warga juga diberikan edukasi seputar pencegahan penyebaran penularan Virus Covid-9 mulai dari membiasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, hingga pembuatan antiseptik dan disinfektan secara mandiri.

Nova, salah seorang warga RT 02/04 kepada wartawan menuturkan, kendati dirinya terkejut namun kehadiran puluhan kader PDI-P di lingkungannya membuat dia dan ratusan warga lainnya terbantu.

“Kaget sih pagi-pagi ada tamu bawa tengki mau nyemprot, awalnya kita khawatir tapi setelah diberikan tata cara bikin handsanitizer, kita jadi sedikit lebih paham,” kata Nova.

Menurut dia, dengan diberikannya pemahaman dan tata cara yang tepat dalam melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut, masyarakat sekitar dapat lebih mandiri dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

“Baru tau sebenernya murah dan mudah untuk melakukan penyemprotan dan membuat cairan antiseptik yang sekarang udah rada susah carinya,” ujar Nova.

Sebelumnya, dia mengaku sedikit khawatir dengan penyebaran virus corona yang tengah mewabah, namun setelah mendapatkan pemahaman dari puluhan kader PDI-P, dirinya tidak lagi terlalu panik menghadapi virus tersebut.

“Saya baru tau ternyata kalau panik malahan mudah untuk terserang virus tersebut, tadi kata pak dewan mah bilangnya waspada boleh tapi kalau panik jangan,” tuturnya.

Taslim, Ketua LPM Kelapa Indah, mengapresiasi hadirnya wakil rakyat di tengah mewabahnya virus corona yang mulai menimbulkan kepanikan.

“Kita berterimakasih, pada intinya saat yang lain tidur, PDI-P hadir ditengah-tengah masyarakat yang sangat membutuhkan, minimal edukasi tentang pencegahan corona,” kata Taslim.

Ia menilai, kegiatan tersebut adalah upaya agar masyarakat dapat lebih waspada dan mandiri dalam mengatasi penyebaran virus Corona.

“Kami lebih paham mulai dari hal terkecil seperti berjemur di pagi hari, hingga pembuatan antiseptik dapat membuat kami warga Kelapa Indah lebih dapat mandiri,” jelas Taslim.

Andri S Permana, Ketua Fraksi PDI-P DPRD Kota Tangerang mengatakan, saat ini pihaknya menyebar kadernya ke beberapa titik diantaranya RW 05 dan RW 04, Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang.

Ia menuturkan, selain Kecamatan Tangerang, pihaknya juga menyebarkan kadernya ke beberapa titik di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

“Kita mempersiapkan seribu antiseptik dan seribu masker, rumah yang kita ketuk, kita semprot, kita bagikan hand sanitazer, tata cara pembuatan secara mandiri antiseptik dan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona,” kata Andri yang ditemui usai melakukan kegiatan tersebut.

Ia mengaku pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan pemahaman kepada warga agar dapat tinggal di rumah dan menghindari kontak fisik dengan yang lainnya.

“Kalau kemarin kita memberlakukan Social Distancing, yakni membatasi interaksi sosial, sekarang kita memberikan pemahaman kepada warga untuk Physical Distancing yakni menjaga jarak aman antar individu,” jelas Andri yang juga menjabat sebagai Sekretaris PDI-P Kota Tangerang.

Ia menilai, penerapan Physical Distancing efektif dalam pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 yang mengalami peningkatan setiap harinya.

“Interaksi sosial masyarakat, yakni komunikasi dan silaturahim harus tetap terjaga. Pola interaksinya saat ini bisa memanfaatkan teknologi informasi, jadi melalui kegiatan ini kita berharap masyarakat dapat lebih waspada atas penyebaran virus Covid-19,” jelasnya. (Dul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed