by

Ditreskoba Polda Jatim Gerebek Industri Rumahan Obat Kuat Ilegal

DimensiNews.co.id, Jawa Timur – Direktorat Reserse Narkoba (Ditreskoba) Polda Jatim gerebek dua rumah industri obat kuat ilegal di kawasan perumahan Babatan Pilang Surabaya, Senin (24/02/2020).

Dua rumah industri ilegal tersebut beralamatkan di Babatan Pilang Blok G1 no. 11 yang dijadikan tempat produksi dan rumah di Blok H1 no.18 yang digunakan sebagai gudang hasil produksi obat kuat ilegal itu.

Di depan wartawan Direskoba Polda Jatim, Kombes Pol Cornelis M. Simanjutak menyatakan, “Home industri ini tidak memiliki izin produksi serta izin edar. Kami telah amankan pemilik usaha dan dua orang karyawan,” ujarnya, Senin, (24/02/2020).

Diketahui, produsen obat kuat ilegal itu telah beroperasi dan dipasarkan selama kurang lebih dua tahun lamanya. obat kuat ilegal yang dicampur dengan bahan berbahaya seperti herbal dan Sildinafil, di produksi dan diedarkan oleh pemilik yang bernama Candra, yang mengaku hanya berbekal pengalaman ketika bekerja di industri pembuatan jamu di Jawa Tengah.

“Obat ini mengandung bahan berbahaya untuk jantung karena tidak ada dosis yang dianjurkan, efeknya apabila jantungnya tidak kuat maka akan dapat menyebabkan kematian,” ungkap perwira dengan tiga melati di pundaknya tersebut.

Selain itu, petugas juga mengamankan ribuan cangkang kapsul, alat pemuas seks, timbangan, alat press, ratusan stok karton pembungkus dan 5 Kg bubuk Sildinafil, 20 Kg bubuk herbal, 60 kardus obat siap edar dan alat produksi.

Kini pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatannya kepada pihak yang berwajib. Pelaku telah dijerat dengan pasal 196 dan 197 UU Nomor 36 Tahun 2009 (tentang kesehatan) dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun. (By)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed