by

PKL Pasar Sayur Kota Batu Segera Direlokasi di Tempat Yang Baru

Komisi C DPRD Kota Batu mendatangi area pembangunan Pasar Sayur Kota Batu yang baru

DimensiNews.co.id BATU-Untuk mengetahui perkembangan pembangunan Pasar Sayur Kota Batu tahap kedua, Komisi C DPRD Kota Batu, mendatangi lokasi proyek pembangunan, Senin (13/1/2020).

Wakil Keltua Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Mahmud, mengatakan bahwa progres dalam pembangunan pasar sayur tersebut, setidaknya bagian area dalam akan difungsikan 28 Januari 2020 mendatang.

“Para pedagang kaki lima (PKL) yang ada saat ini akan direlokasi di pasar yang baru, karena 28 Januari 2020 mendatang, Pasar Sayur Kota Batu yang baru dibangun ini segera difungsikan,” ujar dia.

Supaya PKL tertib dalam menjalankan aktifitasnya, dijelaskan olehnya, khusus untuk pedagang sayur ditempatkan di area bagian dalam pasar sayur.

“Untuk pedagang yang tidak jualan sayur, seperti jualaan kopi, teh atau warung makan akan ditempatkan di luar bangunan pasar. Khusus, untuk pedagang yang jualan sayur ditempatkan di dalam bangunan pasar. Ini, supaya tertib,” ujar Didik.

Mengenai tempat relokasi, dia mengusulkan di sekitar bangunan pasar sayur yang baru. Alternatif utama di sebelah selatan bangunan, mengingat lahannya masih luas.

“Saya meminta, kepada dinas terkait untuk memprioritaskan PKL yang selama ini sudah berjualan di pasar sayur, bukan pedagang baru,” tegas dia.

Sedangkan, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono menjelaskan sebanyak 258 pedagang yang ada saat ini terdampak pembangunan pasar sayu tersebut.

“Jumlah pedagang yang terdampak pasar sayur itu mencapai 258 pedagang, dari jumlah itu sebanyak 57 pedagang sudah menggunakan kios si bagian luar untuk berjualan,” jelas dia.

Dengan kondisi segera direlokasinya pedagang, menurut dia, akan diadakan pertemuan dengan pedagang, diantaranya pedagang sayur dan PKL yang lain untuk melakukan sosialisasi.

“Yang jelas, dengan rencana relokasi ini, saya segera melakukan sosialisasi dengan mengadakan pertemuan antara para pedagang sayur dan PKL yang lain,” pungkas Eko.

Seperti diketahui, selama 180 hari kerja sesuai ketentuan proyek pembangunan Pasar Sayur Kota Batu itu selesai dikerjakan, tepatnya sejak 27 Juni 2019 yang lalu.

Sesuai kontrak kerja, selesai 24 Desember 2019, dikarenakan terkendala teknis, pihak kontraktor meminta perpanjangan hingga 28 Januari 2020.(put)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed