by

Presiden SARBUMUSI: PT Indoplat Harus Mengikuti Ketentuan Hukum yang Berlaku

DimensiNews.co.id – JAKARTA.

Aksi demo karyawan PT. Indoplat Perkasa Purnama terkait PHK sepihak kembali dilakukan. Kali ini, Presiden Serikat Buruh Muslim Indonesia (SARBUMUSI) Saiful Bahri Anshori menekankan perusahaan untuk mentaati peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah terkait penyelesaian rencana pemberhentian kerja secara sepihak oleh pihak perusahaan.

Hal itu disampaikannya Sanusi usai melakukan pertemuan dengan personalia dan kuasa hukum PT. Indoplat Perkasa Purnama di Jalan Manyar Dalam, RT. 12/15, No. 23 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (1/11/2017).

Saiful mengatakan, “ada tiga hal terkait penyelesaian tenaga kerja di PT. Indoplat ini, yang pertama penyelesaiannya harus berdasarkan landasan hukum. Kemudian besok seluruh pekerja harus dipekerjakan kembali sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Kemudian dalam waktu dekat ini kita akan dipertemukan dengan owner agar ada kepastian hukum dalam penyelesaian antara pekerja dengan perusahaan,” kata Saiful.

Saiful menambahkan, “dalam Undang-undang tenaga kerja kan sudah jelas, setiap ada perselisihan antara perusahaan dengan pekerja harus melibatkan organisasi buruh. Siapapun orangnya atau siapapun perusaannya harus mengikuti aturan yang berlandasan aturan hukum.”

“Perusaan jangan semena-mena membuat aturan sendiri, di negara ini semuanya sudah ada aturan dan undang-undang yang mengatur. Kalau perusahaan tidak mau mengikuti aturan yang sudah ditentukan berarti dia melawan kedaulatan negara. Da itu akan berhadapan dengan kami sebagai serikat buruh. Kita tidak peduli perusahaan apapun yang melakukan tindakan semena-mena itu,” lanjutnya.

“Kalau perusaan tersebut masih melanggar kita punya aturan UU No 13 tahun 2015 yang mengatur hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja.” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya ratusan buruh dari Serikat Buruh Islam Indonesia (Sarbumusi) menggelar aksi demo di depan PT. Indoplat Perkasa Purnama Jakarta Barat selama tiga hari. (Hery Lubis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed