by

Hindari Konflik Pilkades, 14 Cakades Gelar Deklarasi Damai

DimensiNews.co.id, BATU – Menjelang Pilkades, Desa Sidomulyo, Oro-oro Ombo, dan Sumberejo yang notabene berada di wilayah Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, hari ini Rabu (18/9/2019) sekitar pukul 10.30 WIB, menggelar deklarasi damai, di Pendopo Kecamatan Batu.

Tujuan dari deklarasi tersebut, menurut Camat Batu, Yopi Supriadi, terutama untuk menciptakan pemilihan kepala desa yang berlangsung damai.

“Tujuan mengumpulkan para calon kepala desa (cakades) ini untuk menciptakan pemilihan damai di desa masing-masing,” kata dia, Rabu (18/9/2019).

Masih dikatakan olehnya, dengan menyepakati deklarasi damai ini, cakades memiliki tanggungjawab semua point yang diucapkan dalam deklarasi itu.

“Yang jelas, cakades dan tim suksesnya sudah tercatat resmi di panitia pemilihan desanya masing-masing. Dan, bertanggungjawab pula atas keamanan mulai tahapan awal sampai akhir,” tandas dia.

Pembacaan deklarasi damai 14 cakades (foto:Putut)

Dengan demikian, Yopi menegaskan juga, apabila ada oknum masyarakat yang menyebar berita hoak, maka akan mendapatkan konsekwensinya. Untuk itu, menurut dia, Muspika Kecamatan Batu terus mengawasi untuk menjaga stabilitas keamanan.

Seperti diketahui, hak pilih masing-masing desa dan cakades, diantaranya, Desa Sidomulyo dengan 6.166 hak pilih, cakadesnya yaitu Hermanto, Hanafi, Taufik Abdul Ro’uf, Suharto, Juni Purnomo, kemudian Desa Oro-oro Ombo dengan hak 7.033 hak pilih, cakadesnya yaitu Heri Pranowo, Gatot Usdua, Lukito Bowo, Wiweko, dan Desa Sumberejo dengan 5.201 hak pilih, cakadesnya Nurul Akbar, Novi Dwi Istika., dan Riyanto. (Put)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed