Kedekatan Ketum PPAL dengan Prajurit TNI AL Tetap Terjaga

  • Bagikan

JAKARTA – Meski sudah purna tugas sekitar dua tahun lalu, kedekatan Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang kini menjabat Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) dengan para prajurit TNI AL tetap terjaga. Hal tersebut terlihat ketika Kasal periode 2018-2020 itu melakukan kunjungan kerja ke Panglima Koarmada I dan Komandan Lantamal III/Jakarta, Selasa (24/5). Di Mako Koarmada I, Ketua Umum PPAL disambut langsung oleh Panglima Koarmada I, Laksda
TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. beserta pejabat utama; dan di Mako Lantamal III disambut langsung oleh Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CMRP, M.Tr.Opsla beserta pejabat Lantamal III.

Di kedua Markas TNI AL itu, Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji yang pernah menjabat Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) dan beberapa tahun sebelumnya ketika berpangkat Kolonel menjabat Asops Pangarmabar, memperoleh sambutan hangat dari para juniornya. Bahkan Ketua Umum PPAL itu masih hafal satu persatu pejabat di Lantamal III yang pernah menjadi bawahannya beberapa tahun lalu. Acara silaturahmipun menjadi ajang nostalgia. Secara spontanitas, sejumlah pejabat juga meminta foto bersama dengan Ketum PPAL.

BACA JUGA :   Satgas TMMD Bojonegoro Bantu Warga Lansia Penerima Bantuan sosial

Kepada Panglima Armada I dan Komandan Lantamal III, Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji
selain mengucapkan terima kasih atas penerimaan kunjungannya juga memperkenalkan diri sebagai Ketua Umum PPAL periode 2021-2024 dan para pejabat PPAL lainnya, memaparkan Visi – Misi PPAL, dan menjelaskan program kerja PPAL. Fokus utama dari program kerja itu adalah upaya meningkatkan kesejahteraan purnawirawan TNI AL, seperti yang hidup kekurangan, sakit, atau kediamannya tidak layak huni. Para purnawirawan TNI AL memperoleh bantuan dari Lembaga Amal Donasi Zakat Infak dan Sodakoh (LADZIS) PPAL. Saat ini jumlah purnawirawan itu sebanyak 56.000 orang yang tiap tahun bertambah sekitar 2.000 orang. Para purnawirawan tersebut merupakan potensi yang harus dibina secara bersama, baik oleh PPAL, Koarmada I, dan Lantamal III. Untuk itu diharapkan, para prajurit TNI AL yang akan memasuki masa purna tugas sudah memersiapkan diri, sehingga ketika pensiun tidak bingung apa yang harus dilakukan.

Selain itu, para purnawirawan TNI AL diharapkan setelah pensiun tetap bisa berkarya dan mampu memberikan sumbangsih kepada negara. Karenanya, mereka yang sudah memiliki keterampilan akan dilakukan sertifikasi profesi bidang maritim maupun diikutkan dalam berbagai kursus seperti hidrografi, selam, pemetaan, las bawah air, dan lain-lain; sehingga mampu mengisi lowongan kerja. Salah satu yang bisa dilakukan oleh Koarmada I maupun Lantamal III adalah melakukan kolaborasi atau kemitraan di bidang koperasi dengan PPAL, baik di tingkat Pusat, Wilayah, dan Rayon yang tersebar di seluruh Indonesia. “PPAL adalah bagian dari Keluarga Besar TNI AL yang mendukung tugas-tugas dari TNI AL,” ucap alumnus AAL tahun 1985 itu.

BACA JUGA :   Anggota Satuan Tugas TMMD Bojonegoro Ikut Racik Wedang Ronde

Dalam pertemuan di tempat terpisah itu, baik Ketua Umum maupun Wakil Ketua Umum PPAL Laksdya TNI Purn Budhi Hardjo menyampaikan bahwa PPAL seperti tahun-tahun sebelumnya, juga akan menyelenggarakan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi RI, 17 Agustus 2022 dan tabur bunga di kapal perang yang bertepatan dengan ulang tahun PPAL. Pada upacara tersebut juga akan mengundang Kasal dari masa ke masa, organisasi samping seperti PPAD, PPAU, PP Polri, Pepabri, LVRI, masyarakat maritim, tokoh agama, dan organisasi putra putri purnawirawan TNI AL. Permohonan dukungan KRI jenis LPD itu sudah disampaikan oleh Ketum PPAL kepada Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA :   Pembukaan TMMD Sebentar Lagi, Pembangunan MCK Dikebut

Menanggapi hal tersebut, Panglima Armada I dan Komandan Lantamal III menyatakan kesanggupannya untuk memberikan dukungan KRI maupun dukungan-dukungan lain yang diperlukan oleh PPAL. Kedua Perwira Tinggi TNI AL juga memersilakan dan siap memberikan dukungan jika PPAL memiliki kegiatan, seperti olahraga bersama dengan mengundang para senior dan purnawirawan TNI AL atau pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD). Di tempat sama, Sekjen PPAL Laksdya TNI Purn Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A. menjelaskan pengembangan Majalah Jalasena yang diterbitkan oleh PPAL Pusat dan sejak Mei 2022 ini menjadi Majalah Jalasena Admiralty yang dikemas lebih milenial, eye catching, dan artikel-artikel yang up date. Majalah yang bisa diakses secara online maupun cetak tersebut berwawasan jangka panjang untuk menggelorakan kembali Indonesia sebagai negara maritim.

Pada akhir kunjungan kerja yang dihadiri Kabid Sosial PPAL Laksda TNI M. Zaenal dan Ketua PPAL Wilayah Jakarta Brigjen TNI (Mar) Purn Budiharto Ma’ruf, Ketua Umum PPAL saling bertukar cinderamata dengan Panglima Koarmada I dan Komandan Lantamal III.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.