oleh

Ketua DPRD Provinsi Jambi Soroti  Soal Batu Bara di Sarolangun

SAROLANGUN – Edi Purwanto Ketua DPRD Provinsi Jambi, menanggapi persoalan penanganan batubara. Diakuinya dalam minggu ini akan rapat dengan stakeholder, guna membahas persoalan tersebut.

Lanjutnya, Edi mengatakan, sesuai yang disampaikan oleh Bupati Cek Endra dan Gubernur Jambi Al Haris, ada tiga persoalan yang krusial yang harus segera di realisasikan. Pertama, Powerplan di tingkat pusat yang harus dihidupkan kembali, kedua ada jalan khusus batubara dan yang terakhir pelebaran jalan nasional.

“Ketiga ini mungkin untuk kita lakukan pendalaman, hal ini sudah kita bicara dengan pak gubernur. Minggu ini juga akan kita coba rapat dengan stakeholder yang terlibat disiti,” kata Edi saat diwawancara para awak media, Selasa (12/10).

Lanjut Edi, melihat kondisi ini pontensi batubara yang cukup menjanjikan, dengan harga tertinggi. Artinya hal ini berdampak bagus dan perlu dibicarakan dengan pengusaha batubara, agar jalan khusus batubara bisa dilaksanakan.

Soal semen baturaja, Edi menyampaikan, hal tersebut tentu sangat bagus untuk masyarakat sarolangun. Tentu akan dilakukan kajian strategisnya.

“Hal ini yang menjadi kendala kita, infrastruktur merupakan hal yang utama bagi kita. Selain itu banyak persoalan ada kemiskinan, pengangguran dan lainnya. Namun infrastruktur menjadi prioritas kita saat ini,” ungkapnya

Edi menyebutkan, dengan keterbatasan anggaran, lantaran covid-19 yang masih dalam upaya penanganan. Tentu menjadi kendala saat ini. Namun diupayakan memprioritaskan program-program yang harus didorong secara bersama.

“Bukan berarti kita mengabai program yang lain, namun kita utama yang paling darurat saat ini,” ungkapnya

Sementara itu, Edi menyebutkan, terkait dengan aktivitas PETI, ilegal drilling harus ditindak tegas pelaku. Semua instansi terkait harus bekerjasama untuk mencari solusinya.

“Siapa yang bermain disana, kita harus memiliki komitmen bersama dan kesadaran politik kita. Bagaimana kita memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dampak dari aktivitas ilegal tersebut,” tegasnya

Harapanya, Edi katakan, izin pertambangan rakyat segera terealisasikan, sehingga pertambangan rakyat berjalan dan lingkungan tetap terjaga dengan baik. Kemudian PAD dapat mensejahterakan masyarakat.

“Insya’Allah minggu ini menteri ESDM akan berkunjung ke Jambi untuk membahas persoalan tersebut. Semoga nanti ada solusi yang terbaik terkait persoalan ilegal minning maupu  ilegal drilling,” pungkasnya(Sanu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed