oleh

Wisata Mistis Jadi Perhatian Menteri Pariwisata Sandiaga Uno

JAKARTA — Indonesia memiliki potensi dan kekayaan wisata alam yang beragam, selain dari keindahan panorama alamnya secara sejarah dan budaya juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno baru-baru ini melirik potensi wisata Indonesia yang agak ekstrim, Wisata Mistis.

“Kami percaya bahwa Wisata Mistis ini jika dikemas dengan baik, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.” Jelas Menteri Sandiaga Uno.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga saat berdiskusi dengan pelaku ekonomi kreatif Sarah Wijayanto, wanita berparas cantik yang kerap menyuguhkan konten penelusuran terkait hal mistis atau horor. Minggu (19/9/2021) malam.

Bahkan dalam diskusi, Sarah sempat ditanya oleh Sandiaga tentang makhluk halus yang paling menyeramkan menurut wanita yang lama berkiprah di industri kreatif yang berkaitan dengan hantu.

“Kalo dulu Poci (pocong-red), tapi kalo sekarang sudah biasa kali ya. Yang menyeramkan itu manusia, sifat manusia yang menyeramkan,” jawab Sarah, sambil tersenyum dalam diskusi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sarah menceritakan pengalamannya berkeliling Indonesia mendatangi banyak tempat di Indonesia.

“Jadi banyak banget sebenarnya lokasi-lokasi yang indah tapi mungkin banyak orang yang tidak tahu, menarik sekali kalau misalnya ada wisata mistis atau wisata malam, dari sore-sore ada pemandu bercerita sejarah tentang yang di situ,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut Sandiaga memerlukan kajian-kajian yang lebih ilmiah dengan data dan jurnal-jurnal akademik.

“Karena yang ingin Kita lakukan adalah pariwisata yang lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan lingkungan berbasis storynomics Nature and Culture (budaya dan lingkungan-red)” ungkap Sandiaga.

Banyak hal selain tempat wisata bertemakan mistis melibatkan hantu yang menarik minat banyak orang dan laris di lokasi-lokasi wisata dari dalam hingga mancanegara.

“Berdasarkan data, genre film yang paling populer di belahan dunia salahsatunya genre horor, di tempat wisata seperti Dufan atau Disneyland yang paling laku rumah hantu, sama yang berkaitan dengan hantu atau misteri,” jelas Menteri Parekraf.

“Nah, kalau jumlah wisatawan meningkat maka dampaknya adalah PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA, dan meningkatnya usaha-usaha masyarakat sekitar.” Tulisnya dalam akun Instagram pribadi milik Sandiuno.

Sandiaga pun ditantang oleh Sarah untuk berwisata mistis di salah satu tempat wisata, untuk mengetahui kisah yang pernah terjadi di tempat tersebut.

“Mas Menteri sama Aku nanti bisa jalan-jalan ke Kota Tua kalau memang diizinkan, bukan penelusuran, tapi lebih membahas tentang apa yang pernah ada disitu, kisahnya.” Ujar Sarah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed