by

James Riady Menyebut Indonesia Tempat Penampungan Imigran Yang Dianggap Aman Meski Kesiapannya Belum Matang

 

DimensiNews.co.id – JAKARTA – Pengusaha kondang James Riady memantau kondisi para pengungsi imigran pencari suaka yang ada di Jalan Bedugul, Komplek Daan Mogot Baru Kelideres, Jakarta Barat, Sabtu (20/7/2019).

Dalam kunjungannya James Riady meninjau langsung fasilitas di dalam gedung yang menjadi tempat penampungan para imigran pencari suaka seperti tempat tidur mereka, mushola, MCK, air bersih, fasilitas tenda, dan pelayanan kesehatan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dari pantauan DimensiNews.co.id pengusaha James Riady sempat berbincang-bincang dengan beberapa pengungsi di lokasi penampungan.

James mengatakan para imigran yang mengungsi meninggalkan negara mereka karena masalah keamanan, seperti perang, konflik etnis, dan juga agama.

“Mereka mengharapkan suatu hari ke depan lebih baik. PBB ada program menyalurkan pengungsi ke beberapa negara yang menandatangani dan menyetujui resmi terbuka bahwa mereka menerima pengungsi, dan karena itulah mereka juga berani keluar uang buat keluar dari negaranya,” ucapnya

Menurut dia, banyak dari mereka bukan kriminal seperti anggapan banyak orang. Bahkan di antara mereka terdapat beberapa pengungsi yang cukup terpelajar, dan juga ada orang-orang yang cukup kompeten di bidangnya.

“Namun sayangnya, proses negara yang sepakat dan menandatangani konferensi itu secara administratif berjalan lamban. Sementara Indonesia jadi tempat penampungan yang dianggap aman, walau kesiapannya belum matang.” Ucapnya.

“Tadi kita mendengar, meraka sangat mengapresiasi upaya pemerintah DKI yang diberikan. Mereka dulu hanya tidur di jalanan, di trotoar-teotoar. Sekarang sudah ada tempat meski memang tempatnya sangat kecil.” Katanya.

Tempatnya bisa muat hanya 50-100 orang, tetapi tempat ini menampung 1.400 orang. Dari sisi tempat kita apresiasi. Namun seperti toilet kurang, airnya kurang,” ungkapnya.

Laporan Wartawan : Hery Lubis

Editor                      : Red DN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed